Jadi Kawasan Ideal Gelar Turnamen, Dua Kejuaraan Tenis di DIY Pecahkan Rekor Peserta Terbanyak

DI Yogyakarta menjadi salah satu kawasan yang ideal untuk menggelar kejuaraan tenis di Indonesia, buktinya saat ini DIY menjadi tuan rumah dilangsung

TRIBUNJOGJA.COM/ Taufiq Syarifudin
Ketum PP Pelti Rildo Ananda Anwar (dua dari kiri), bersama perwakilan dari DETEC, Dedi Prasetyo (kiri), Manager Pemasaran Bank BRI Kanca Cik Ditiro Yogyakarta, I Bagus Margono Mukti (kanan) dan Regional Consumer Banking Head Bank BRI Regional Officer Yogyakarta, Edi Setiawan, berfoto bersama seusai memberikan keterangan kepada wartawan di kawasan Jendral Sudirman, Kamis (17/2/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - DI Yogyakarta menjadi salah satu kawasan yang ideal untuk menggelar kejuaraan tenis di Indonesia, buktinya saat ini DIY menjadi tuan rumah dilangsungkannya turnamen berskala nasional Junio Junior Open 2022 dan Britama Open 2022.

Belum lagi angka atlet peserta kejuaraan memecahkan rekor tertinggi sejak event ini memasuki tahun keduanya.  

Dalam dua ajang yang berlangsung sejak 13-27 Februari ini, total lebih dari 700 peserta dari 20 provinsi ikut meramaikan persaingan.

Ketua Umum (Ketum) Pengurus Pusat (PP) Pelti, Rildo Ananda Anwar saat ditemui wartawan Kamis (17/2/2022) di kawasan Jendral Sudirman, Kota Yogyakarta mengatakan DIY benar-benar menjadi magnet bagi para petenis muda untuk berkompetisi.

“Ini adalah rekor, tahun lalu kami gelar event yang Junio Junior di Tegal pesertanya 500. Di DIY sekarang 534,” katanya.

Baca juga: Sejak Januari 2022, Sebanyak 4 Bayi dan 30 Balita di Kulon Progo Terpapar Covid-19

Untuk diketahui, turnamen ini dilaksanakan di empat lapangan terpisah, mulai dari Lapangan Tenis Kompleks Stadion Sultan Agung, Lapangan Tenis RS DKT, Lapangan Tenis UNY dan Lapangan Tenis Sinduadi.

Event yang digelar oleh PP Pelti dan bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) ini juga memiliki tujuan untuk membangun upaya pemerintah dalam mengembangkan sport tourism.

Untuk itu DIY menjadi salah satu daerah yang potensial selain Bali dan beberapa daerah lainnya untuk menggelar kejuaraan ini. Bahkan Rildo mengatakan kemungkinan akan ada sekitar dua sampai tiga kejuaraan lagi yang menjadi agenda PP Pelti pada tahun 2022 ini.

Upaya menggelar turnamen-turnamen ini tentunya dilakukan PP Pelti untuk menjaga keberlanjutan pola pembinaan atlet, khususnya untuk level junior.

Terlebih, selama dua tahun terakhir keberadaan turnamen tenis junior yang resmi juga terganggu pelaksanaannya oleh adanya pandemi Covid-19 dan ini adalah turnamen resmi nasional pertama di DIY. 

"Kita punya 12 agenda kejuaraan tahun 2022, di DIY mungkin akan ada total empat atau lima kejuaraan yang digelar, termasuk dua turnamen ini," katanya.

“Saya lihat atlet-atlet ini sudah lama menginginkan turnamen. Dengan turnamen, atlet bisa mengukur kemampuan hasil latihan selama ini, baik teknik dan mental akan teruji,” sambung Rildo.

Sedangkan untuk Britama Open 2022 yang merupakan turnamen umum atau senior, Rildo Ananda Anwar mengaku, juga menjadikan turnamen ini untuk ajang seleksi sekaligus persiapan menuju event SEA Games dan Piala Davis. 

“Besok kita persiapan SEA Games, kemudian yang terdekat jufa ada play off Piala Davis lawan Venezuela. Ini jadi salah satu ajang persiapan,” jelasnya.

Baca juga: Alokasi Sudah Ditambah, Komoditas Minyak Goreng di Kota Yogyakarta Masih Langka

Dalam kesempatan yang sama, Manager Pemasaran Bank BRI Kanca Cik Ditiro Yogyakarta, I Bagus Margono Mukti mengatakan pihaknya mendukung pelaskanaan turnamen ini. 

“Ini adalah komitmen BRI mendukung dunia olahraga,” ujar I Bagus.

Menurutnya, dukungan dari Bank BRI di ajang ini sebagai bukti ikut berperan serta untuk menyemangati kaum muda dalam menyalurkan bakat dan hobi ke arah yang positif. 

“Turnamen ini menjadi wadah putra dan putri negeri ini untuk menunjukkan kemampuan bertanding. Agar kedepannya mereka bisa berprestasi bukan hanya di level nasional, tapi bisa ke internasional,” tandasnya. (tsf)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved