Daftar Delapan Calon Anggota Bawaslu Jalani Fit and Proper Test di Komisi II Siang Ini

Fit and proper test akan dilaksanakan oleh anggota Komisi II di ruang rapat Komisi II DPR, komplek Parlemen Senayan siang ini.

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
TRIBUNNEWS.COM/Fransiskus Adhiyuda
Calon Komisioner KPU Muchammad Ali Safa'at saat menjalani fit and proper test di Komisi DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (15/2/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Sebanyak delapan calon anggota Badan Pengawas Pemilu periode 2022-2027 akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di DPR pada Rabu (16/2/2022) hari ini.

Fit and proper test akan dilaksanakan oleh anggota Komisi II di ruang rapat Komisi II DPR, komplek Parlemen Senayan mulai pukul 10.00 WIB siang ini.

Adapun delapan calon anggota Bawaslu yang menjalani fit and proper test yakni Fritz Edward Siregar, Herwyn Jefler Hielsa Malonda, Lolly Suhenty dan Mardiani Rusli, Puadi, Rahmad Bagja, Subair dan Totok Haryono.

Fit and proper test yang digelar pada hari ini merupakan lanjutan dari kegiatan yang sudah dimulai pada Selasa (15/2/2022) kemarin.

Di hari pertama kemarin, Komisi II sudah melakukan fit and proper test dua orang yakni Aditya Perdana dan Andi Tenri Sompa.

Usai melakukan uji kepatutan dan kelayakan calon anggota Bawaslu hari ini, Komisi II DPR akan melangsungkan rapat pleno pemilihan calon anggota KPU dan Bawaslu RI pada pukul 21.00 WIB.

Dicecar Soal Tugas Anggota Bawaslu

Dalam fit and proper test yang dilaksanakan pada Selasa (15/2/2022) kemarin, calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Aditya Perdana dicecar pertanyaan oleh anggota Komisi II DPR Syamsurizal mengenai tujuan berdirinya Bawaslu.

Syamsurizal menilai, Bawaslu semestinya tidak perlu ada lagi, mengingat banyaknya saksi atau pengawas dari luar lembaga tersebut.

"Bawaslu itu tujuannya apa sih? Sudah ada Bawaslu. Bawaslu itu, dalam artian begitu besarnya dana yang diperlukan oleh sebuah organisasi yang bernama Bawaslu. Tapi, toh di bawah masih ada juga pengawasan-pengawasan lain yang diperlukan," kata Syamsurizal dalam uji kelayakan dan kepatutan calon anggota Bawaslu di Komisi II DPR, Selasa (15/2/2022) malam seperti yang dikutip Tribunjogja.com dari Kompas.com.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved