Peranan Kecerdasan Buatan di Era Kesehatan Digital

Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) merupakan salah satu konsep dasar di bidang computing.

Peranan Kecerdasan Buatan di Era Kesehatan Digital
Ist
Raden Nur Rachman Dzakiyullah, S.Kom., M.Sc.

*Oleh: Raden Nur Rachman Dzakiyullah, S.Kom., M.Sc.

DI Era global saat ini menjadi salah satu kewajiban serta tuntutan bagi seluruh aspek di kehidupan kita adalah transformasi digital yang meningkat baik di dunia industri maupun di bidang kesehatan.

Sebagai contoh di sektor pelayanan kesehatan di Indonesia, telah mengadopsi teknologi E-Health seperti electronic health record, telehealth, telemedicine, dan sebagainya.

Selain itu banyak dunia usaha dan dunia industri juga mengembangkan aplikasi berbasis Artificial Intelligence (AI) untuk membantu dalam meningkatkan pelayanan kesehatan baik secara klinis maupun administrasi rumah sakit.

Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) merupakan salah satu konsep dasar di bidang computing. Perkembangannya AI di dunia kesehatan kian meningkat tajam baik secara keilmuan dan secara praktis di lapangan. 

Peranan penting AI di dunia kesehatan digital saat ini dapat di kategorikan menjadi beberapa aspek yakni: 1) Diagnosis, 2) Prognosis, 3) Treatment.

Implementasi AI diagnosis secara singkat adalah proses AI dapat membantu memberikan penjelasan terkait masalah kesehatan pada pasien dan dapat membantu pengambilan keputusan baik Dokter maupun Perawat dalam menentukan langkah kedepan dalam penanganan pasien.

Sebagai contoh untuk mendeteksi penyakit kanker yang banyak menggunakan images untuk melakukan diagnosis.

Selain itu proses selanjutnya adalah Implementasi AI untuk Prognosis yakni dilakukan untuk mengetahui perkembangan kedepan terkait penyakit yang di alami oleh pasien atau bisa dikatakan proses prognosis merupakan prediksi penyakit dengan mempertimbangkan data pasien.

Sebagai salah satu contoh prediksi penyakit kanker payudara dengan metode deep learning menggunakan rekam medis pasien. Hal ini merupakan trend aplikasi bidang AI dalam cancer medical imaging.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved