Pemulihan Perekonomian Melalui Pariwisata

Upaya pemulihan perekonomian Sleman pasca pandemi covid 19 terutama pada sektor Pariwisata dan sektor UMKM. 

Ist
Kustini Sri Purnomo, Bupati Sleman 

TEMA pembangunan Kabupaten Sleman tahun 2022 adalah “Mempercepat Kebangkitan Ekonomi dan Pemulihan Kondisi Sosial Masyarakat Sleman”. 

Upaya pemulihan perekonomian Sleman pasca pandemi covid 19 terutama pada sektor Pariwisata dan sektor UMKM. 

Terlebih pada tahun 2021 lalu, sektor  pariwisata mampu menyumbang 36,67 % PAD. Hal ini menunjukkan bahwa sector pariwisata masih menjadi potensi unggulan di Kabupaten Sleman.

Kabupaten Sleman telah meluncurkan Calendar of Event Pariwisata Tahun 2022 pada Sabtu (29/1). Tema pariwisata yang diusung tahun 2022 ini adalah Sport Tourism, Leisure and Wellness. 

Dalam Calender of Event Tahun 2022 sendiri telah ditetapkan setidaknya 70 event pariwisata di Kabupaten Sleman, baik event olahraga, festival maupun budaya

Pada tahun 2022 ini Kabupaten Sleman juga akan menjadi tuan rumah gelaran PORDA XVI dan PEPARDA III DIY yang akan diselenggarakan pada 1-9 September 2022. 

Dengan dua perhelatan event olahraga daerah tersebut diharapkan mampu menjadi pengungkit pemulihan perekonomian melalui sektor pariwisata.

Promosi event olahraga ini diharapkan menjadi sarana promosi yang efektif untuk menjadikan Kabupaten Sleman sebagai destinasi wisata olah raga utama (sport tourism main destination) di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Strategi pemulihan sektor pariwisata Sleman yang kedua yaitu penguatan karakter destinasi pariwisata berbasis pemberdayaan masyarakat.

Saat ini terdapat 53 Desa Wisata di Kabupaten Sleman, baik itu kategori desa wisata rintisan, desa wisata tumbuh, desa wisata berkembang maupun desa wisata mandiri. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved