Diabetes

5 Cara Mudah Agar Anda Terhindar dari Risiko Diabetes

Meskipun ada faktor tertentu yang tidak dapat Anda ubah, seperti gen, usia, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah diabetes

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
tribunnews.com
Ilustrasi : Diabetes 

TRIBUNJOGJA.COM - Diabetes Tipe 2 merupakan penyakit kronis yang menyerang jutaan orang di seluruh dunia. 

Jika tidak terkontrol, penyakit ini dapat menyebabkan kebutaan, gagal ginjal, penyakit jantung, dan kondisi serius lainnya. 

Sebelum diabetes didiagnosis, ada periode dimana kadar gula darah tinggi tetapi tidak cukup tinggi untuk didiagnosis sebagai Diabetes. Ini dikenal sebagai Pradiabetes

Diperkirakan bahwa hingga 70 % orang dengan pradiabetes terus berkembang menjadi diabetes tipe. Perkembangan dari prediabetes menjadi diabetes tidak bisa dihindari. 

Meskipun ada faktor tertentu yang tidak dapat Anda ubah, seperti gen, usia, atau pola hidup masa lalu,  ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko Diabetes. 

Berikut ini Tribun Jogja bagikan lima cara untuk mencegah Diabetes, dilansir dari laman Healthline:

1. Buat air mineral menjadi minuman wajib Anda

Minuman manis seperti soda dan punch telah dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2 dan diabetes autoimun laten orang dewasa (LADA).

LADA adalah salah satu bentuk diabetes tipe 1 yang terjadi pada orang yang berusia di atas 18 tahun.

Berbeda dengan gejala akut yang terlihat pada diabetes tipe 1 di masa kanak-kanak, LADA berkembang perlahan, membutuhkan lebih banyak pengobatan seiring perkembangan penyakit.

Satu studi observasi besar mengamati risiko diabetes dari 2.800 orang.

Mereka yang mengonsumsi lebih dari dua porsi minuman yang dimaniskan dengan gula per hari memiliki 99 % peningkatan risiko LADA dan 20 % peningkatan risiko diabetes tipe 2.

2. Kurangi berat badan jika Anda obesitas

Satu studi terhadap lebih dari 1.000 orang dengan pradiabetes menemukan bahwa untuk setiap kilogram (2,2 lbs) peserta yang kehilangan berat badan, risiko diabetes mereka berkurang 16 %, hingga pengurangan maksimum 96 %.

Ada banyak pilihan sehat untuk menurunkan berat badan, termasuk diet rendah karbohidrat, Mediterania, paleo, dan vegetarian.

Namun, memilih cara makan yang dapat Anda pertahankan dalam jangka panjang adalah kunci untuk membantu Anda mempertahankan penurunan berat badan.

Baca juga: Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes, Begini Cara Mengonsumsi Pare untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

3. Olahraga teratur

Satu studi pada orang dengan pradiabetes menemukan bahwa olahraga intensitas sedang meningkatkan sensitivitas insulin sebesar 51

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved