Liga Spanyol

Pierre-Emerick Aubameyang Selangkah Lagi Resmi Berseragam Barcelona

Arsenal bersedia mengizinkan pemain berusia 32 tahun itu pergi setelah mencopotnya dari jabatan kapten pada Desember 2021.

Penulis: Hanif Suryo | Editor: Mona Kriesdinar
JUSTIN TALLIS / POOL / AFP
Pierre-Emerick Aubameyang 

TRIBUNJOGJA.COM - Pierre-Emerick Aubameyang telah menandatangani kontrak dengan Barcelona dengan status bebas transfer dari Arsenal.

Sebagaimana diberitakan Sky Sports, Arsenal bersedia mengizinkan pemain berusia 32 tahun itu pergi setelah mencopotnya dari jabatan kapten pada Desember menyusul masalah disiplin.

Pemain berusia 32 tahun itu tidak bermain untuk klub setelah 6 Desember, dan dikeluarkan dari skuad mereka untuk kamp pelatihan cuaca hangat di Dubai .

Aubameyang, yang mencetak 92 gol dalam 163 pertandingan untuk The Gunners, meninggalkan Emirates Stadium dalam 18 bulan terakhir dengan kontrak senilai £350.000 per minggu.

Baca juga: Barcelona FC dalam Pembicaraan Lanjutan Mengenai Penandatanganan Aubameyang

Klub Liga Premier diperkirakan membuat penghematan sekitar £ 25 juta dalam upah dengan kepergian Aubameyang. Tapi kepergiannya berarti bos Arsenal Mikel Arteta akan menyelesaikan musim dengan hanya dua striker yang diakui di skuadnya, dengan Eddie Nketiah dan Alex Lacazette habis kontrak di musim panas.

Kesepakatan itu telah terlihat sebelumnya pada Hari Batas Waktu setelah pembicaraan gagal mengenai bagian keuangan dari kesepakatan itu.

Tetapi dapat dipahami bahwa Aubameyang, yang terbang ke Barcelona pada Senin pagi, mengambil pemotongan gaji yang signifikan untuk memfasilitasi kepindahan tersebut.

Menyusul kepergian Aubameyang, Kaveh Solhekol dari Sky Sports News menilai ini adalah risiko besar bagi Mikel Arteta.

"Apa yang terjadi jika Aubameyang pergi ke Barcelona dan mencetak banyak gol? Itu hanya menunjukkan seberapa besar Arsenal mendukung penilaian manajer mereka. Arteta mengatakan 'Saya tahu dia adalah pencetak gol terbaik kami, dia adalah kapten klub, dia adalah penghasil tertinggi di klub karena alasan disiplin, saya tidak menginginkannya. di klub'. Ini adalah panggilan yang sangat besar," ujar dia.

“Saya tahu dia meninggalkan Arsenal di bawah awan, tetapi ada juga banyak kenangan indah. Rasio golnya dengan permainan ada di sana dengan para pemain hebat. Suporter Arsenal akan mengatakan 'kami lebih lemah sekarang daripada kami di awal jendela'. Tetapi dalam hal ini, Anda harus mendukung penilaian Mikel Arteta - itulah yang dilakukan pemilik Arsenal," tambahnya.

Sementara itu Adam Bate dari Sky Sports menganalisa, penurunan level performa begitu hebat sehingga mungkin perlu diingatkan bahwa Aubameyang adalah striker kelas dunia untuk sebagian besar waktunya di Arsenal.

Memang, dari hari debutnya untuk klub pada Februari 2018 hingga hari dua golnya melawan Everton pada Februari 2020, tidak ada pemain yang mencetak lebih banyak gol di Liga Inggris. Dia mencetak 49 gol dalam periode itu, sama dengan Mohamed Salah dan selusin lebih banyak dari Harry Kane.

Ada sorotan penting setelah itu ketika dia mencetak dua gol dalam kemenangan final Piala FA Arsenal atas Chelsea pada musim panas 2020. Tetapi segera setelah kontrak barunya ditandatangani September itu, ada perasaan penurunan, dari seorang pemain yang hari-hari terbaik ada di belakangnya.

Dicopot dari jabatan kapten, terlalu sering kepemimpinan harus datang dari tempat lain. Ini adalah pemain muda yang mendorong Arsenal di bawah Mikel Arteta, bukan pemain dengan bayaran terbaik. Itu adalah situasi yang diketahui klub telah mengalami hal yang sama dengan Mesut Ozil. Itu tidak bisa bertahan lama.

Pada usia 32, akan ada harapan bahwa Aubameyang masih bisa mendapatkan kembali performa terbaiknya, terinspirasi oleh lingkungan baru dan tantangan untuk mengembalikan Barcelona ke kejayaan mereka sebelumnya. Di Arsenal, penyesalan apa pun akan dilunakkan oleh perasaan bahwa sudah waktunya bagi klub untuk pindah. (TRIBUNJOGJA.COM/ HAN)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved