Asam Urat

Cara Alami Menurunkan Asam Urat di Kaki Tanpa Perlu Obat

Cara menurunkan asam urat di kaki bisa dilakukan dengan cara alami dan mudah.Berikut beberapa obat alami asam urat penyakit asam urat di kaki:

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
Shutterstock
Ilustrasi 

Tribunjogja.com - Asam urat adalah salah satu penyakit yang sering kali terjadi seiring bertambahnya usia.

Penyakit asam urat disebabkan oleh penumpukan asam urat yang tinggi dalam darah. Asam urat kemudian menumpuk di persendian, menyebabkan peradangan disertai rasa tidak nyaman dan nyeri.

Mengutip Medical News Today, asam urat ini adalah produk sampingan saat tubuh memecah purin yang ditemukan dalam makanan.

Mengubah beberapa kebiasaan dapat membantu seseorang mengurangi kadar purin yang menyebabkan penyakit asam urat.

Kabar baiknya, kondisi ini bisa diobati dengan cara alami, seperti banyak minum air putih.

Cara menurunkan asam urat di kaki bisa dilakukan dengan cara alami dan mudah.

Berikut beberapa obat alami asam urat penyakit asam urat di kaki:

1. Perbanyak minum air putih

Cara pertama untuk membantu menghilangkan asam urat di kaki adalah memperbanyak minum air putih. Mengutip Medical News Today, ketika seseorang menderita penyakit asam urat, mereka dapat mengalami pembengkakan dan peradangan yang signifikan.

Salah satu cara untuk mengurangi pembengkakan adalah dengan minum lebih banyak air. Meningkatkan konsumsi cairan dapat memicu ginjal seseorang untuk melepaskan kelebihan cairan, yang dapat mengurangi pembengkakan pada penderita penyakit asam urat.

Air putih adalah yang terbaik, tetapi cairan bening lainnya, seperti kaldu dan teh herbal juga merupakan pilihan yang baik. Orang harus menghindari alkohol dan soda, yang tinggi purin. Namun, siapa pun dengan gagal jantung kongestif atau penyakit ginjal harus berbicara dengan dokter mereka sebelum meningkatkan asupan cairan tubuh.

2. Kompres sendi dengan es

Cara kedua untuk membantu menghilangkan asam urat di kaki adalah mengompres sendi dengan es. Mengutip Medical News Today, mengompres sendi dengan es yang dilapisi kain tipis dapat membantu mengurangi peradangan terkait penyakit asam urat.

Disarankan mengompres sendi dengan es yang dibungkus itu selama 10-15 menit setiap kali untuk membantu menghilangkan rasa sakit.

Baca juga: 5 Cara Mudah Menurunkan Gula Darah Tanpa Perlu Minum Obat

Halaman
1234
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved