Sidebar Headline

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Siap Kuliah Penuh 

UMY berencana menggelar perkuliahan tatap muka (PTM) secara penuh pada awal semester ganjil yang jatuh pada pertengahan Februari 2022.

Penulis: Taufiq Syarifudin | Editor: Iwan Al Khasni
Tribun Jogja / Yuwantoro Winduajie
Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Gunawan Budiyanto 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berencana menggelar perkuliahan tatap muka (PTM) secara penuh pada awal semester ganjil yang jatuh pada pertengahan Februari 2022 mendatang. Rektor UMY, Gunawan Budiyano menjelaskan, PTM di universitas yang dipimpinnya menggunakan sistem shift supaya mahasiswa tidak datang ke kampus secara bersamaan.

Kebijakan tersebut berimbas pada jam kuliah yang bertambah panjang, serta beban kerja dosen yang meningkat hingga mencapai 75 persen. Kendati demikian, Gunadi memastikan bahwa pihak kampus akan memberikan insentif kepada dosen yang bekerja lebih.

"Dosen juga mengajar lebih, otomatis penghasilannya lebih. Kita perkirakan beban dosen mengajar naik 75 persen kalau PTM 100 persen," terangnya, Senin (17/1/2022).

Dia menjelaskan, tiap mata kuliah yang diajarkan dibagi menjadi dua shift yakni siang dan malam. Langkah ini ditempuh agar jumlah mahasiswa yang hadir di kelas tak terlalu banyak sehingga pengaturan jarak tempat duduk mahasiswa dapat dilakukan.

Gunadi menerapkan kebijakan tersebut mengingat jumlah mahasiswa UMY tergolong banyak yakni mencapai sekitar 21 ribu mahasiswa. "Misalnya di kelas A mahasiswa nya ada 40 orang, sekarang dibagi dua menjadi 20 per kelas. Jadi jam belajarnya kan tambah molor. Dulu jam 4 sepi tapi sekarang bisa sampai jam 8 malam," ujarnya.

Booster
Sebelum memulai PTM 100 persen, UMY juga akan melaksanakan vaksinasi booster bagi seluruh sivitas akademikanya pada awal Februari 2022. Mulai dari mahasiswa, dosen, dan pegawai akan menerima vaksin penguat jika telah memenuhi persyaratan. "Insyaallah karena kita sudah vaksin semuanya. Februari awal kita ada booster juga," bebernya. (tro)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved