Berita Kota Yogya Hari Ini

Ajak Belanja di UMKM, Komunitas Binaan Airlangga Hartarto ini Borong Dagangan PKL di Kota Yogya

Bak mendapat durian runtuh, pedagang kaki lima (PKL) di Lapangan Karang, Kemantren Kotagede, Kota Yogyakarta pulang lebih awal, Minggu (16/1/2022)

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
istimewa
Para personel usAHA di sela aksi borong dagangan PKL di Lapangan Karang, Kotagede, Kota Yogyakarta, Minggu (16/1/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bak mendapat durian runtuh, pedagang kaki lima (PKL) di Lapangan Karang, Kemantren Kotagede, Kota Yogyakarta pulang lebih awal, Minggu (16/1/2022), usai komoditasnya diborong komunitas usAHA, yang merupakan binaan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Koordinator usAHA, Ahmad Aji mengatakan, pihaknya tak mau pandang bulu dalam kegiatan tersebut.

Alhasil, seluruh PKL yang berada di sekitaran Lapangan Karang, diborong habis dagangannya. Kemudian, komoditas para PKL itu, dibagikannya kepada warga masyarakat di lokasi. 

Baca juga: Puncak Gunung Merapi DIguyur Hujan Minggu Siang Hujan, BPPTKG Imbau Warga Hulu Sungai Waspada

"Ya, kami borong dagangan 12 PKL, yang ada di Lapangan Karang ini. Karena UMKM-nya ada banyak, jadi kami borong semuanya tadi, yang di satu area ini," tandasnya. 

Menurutnya, aksi borong dagangan dilakukan komunitas usAHA, untuk mengkampanyekan kepada masyatakat agar terbiasa berbelanja di UMKM sebagai penggerak ekonomi.

Sementara Lapangan Karang dipilih, karena lokasinya yang strategis dan ramai dikunjungi saat akhir pekan. 

"Biasanya setelah memborong dagangan UMKM itu, kita bagikan ke masyarakat. Nah, di Lapangan Karang kan banyak masyarakat, yang habis olahraga juga, jadi mereka bisa berkegiatan dan dapet jajanan gratis," jelasnya 

Setelah Lapangan Karang, tim usAHA melanjutkan kegiatan serupa di Jalan Veteran, Kelurahan Mujamuju, Kemantren Umbulharjo.

Kota Yogyakarta sendiri menjadi kota terakhir dalam rangkaian tour 'usAHA On The Road'. Sebelumnya, mereka menyambangi Jawa Tengah, di Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, dan Solo. 

Baca juga: PTM 100 Persen di Kota Yogyakarta Dimulai 24 Januari 2022, Siswa Kembali Jalani Test Acak Covid-19

Subianto (35), pedagang jajanan di Lapangan Karang pun merasa kaget karena dagangannya diborong hingga habis. Ia sempat mengira, kalau tim usAHA hanya bercanda. Namun, ternyata komoditasnya benar-benar dibeli seluruhnya, sehingga bisa pulang bahkan sebelum siang. 

"Program yang bagus, siapa sih yang nggak seneng dagangannya diborong, terus dibagikan masyarakat. Semoga, UMKM binaan Pak Airlangga kedepannya bisa terus melakukan programnya di kota lain," urainya. 

Sebagai informasi, usAHA merupakan kelompok binaan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, yang fokus pada pelatihan dan pemberdayaan UMKM. Hingga kini, usAHA telah melatih 11 ribu UMKM di Pulau Jawa.

Untuk Kota Yogyakarta sendiri, sudah ada sekira 185 UMKM yang bergabung ke dalam komunitas ini. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved