Breaking News:

OBYEK WISATA

WISATA JOGJA : Foto-foto Tembok Jebol yang Digunakan Pangeran Diponegoro Meloloskan Diri

Tembol Jebol adalah salah satu koleksi yang bisa disaksikan di obyek wisata Museum Pangeran Diponegoro. Ini merupakan lubang tempat melarikan diri

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
TRIBUNJOGJA.COM | Mona Kriesdinar
Lukisan karya Ratmojo tahun 1973, menggambarkan penyerbuan kompeni di kediaman Pangeran Diponegoro. Penyerbuan ini merupakan bentuk kemarahan kompeni yang tak berhasil menangkap Pangeran Diponegoro. Mereka pun akhirnya membakar kediaman Pangeran Diponegoro 

TRIBUNJOGJA.COM - Museum Monumen Pangeran Diponegoro Sasana Wiratama yang berada di Wirobrajan, Kota Yogyakarta ini cocok dimasukkan ke dalam daftar kunjungan obyek wisata liburan akhir pekan Anda. Ini akan memberikan informasi menarik tentang perjuangan Pangeran Diponegoro pada masa perang melawan Belanda pada Perang Jawa tahun 1825-1830.

Adapun Museum Pangeran Diponegoro ini memiliki 413 buah koleksi yang terdiri dari berbagai jenis benda yang digunakan pada masa lampau.

Koleksinya berupa berbagai jenis peralatan perang seperti : busur dan anak panah, senjata laras panjang, pedang, keris, dan lain-lain.

Salah satu koleksi meriam yang ada di Museum Monumen Pangeran Diponegoro, Kota Yogyakarta
Salah satu koleksi meriam yang ada di Museum Monumen Pangeran Diponegoro, Kota Yogyakarta (TRIBUNJOGJA.COM | Mona Kriesdinar)

Juga ada sejumlah perhiasan, mata uang, peralatan rumah tangga, struktur bangunan, dan lainnya.

Ada yang tak kalah menariknya.

Yakni koleksi unggulan berupa Tembok Jebol.

Tembok ini diyakini sebagai jalan untuk meloloskan diri Pangeran Diponegoro beserta pasukannya dari tentara Belanda pada serangan tanggal 20 Juli 1825.

TEMBOK JEBOL - Lubang ini dipugar Pemkot Yogyakarta pada tanggal 7 Juni 1993
TEMBOK JEBOL - Lubang ini dipugar Pemkot Yogyakarta pada tanggal 7 Juni 1993 (TRIBUNJOGJA.COM | Mona Kriesdinar)

Tembok Jebol masih bisa Anda saksikan hingga sekarang, berupa lubang pada dinding.

Tembok Jebol bisa Anda saksikan di Museum Monumen Pangeran Diponegoro Sasana Wiratama
Tembok Jebol bisa Anda saksikan di Museum Monumen Pangeran Diponegoro Sasana Wiratama (TRIBUNJOGJA.COM | Mona Kriesdinar)

Lubang ini sudah dipugar oleh Pemkot Yogyakarta pada tanggal 7 Juni 1993.

Tembok ini diyakini sebagai jalan untuk meloloskan diri Pangeran Diponegoro beserta pasukannya dari tentara Belanda pada serangan tanggal 20 Juli 1825.
Tembok ini diyakini sebagai jalan untuk meloloskan diri Pangeran Diponegoro beserta pasukannya dari tentara Belanda pada serangan tanggal 20 Juli 1825. (TRIBUNJOGJA.COM | Mona Kriesdinar)

Tentang Museum Pangeran Diponegoro

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved