Breaking News:

Rumah Survei Indonesia: PWNU DIY Perlu Tingkatkan Program Kerja Organisasi

Sekretaris PWNU DIY Muhtar Salim, memberikan apresiasi kepada lembaga survei yang telah melakukan kegiatan ini.

Penulis: Hanif Suryo | Editor: Iwan Al Khasni
IST
Direktur RSI, Arin Mamlakah Kalamika menyerahkan hasil survey kepada sekretaris PWNU DIY Muhtar Salim di Kantor PWNU DIY, Kamis (13/1/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM- Rumah Survei Indonesia (RSI) melakukan survei kelembagaan tentang tata kelola keorganisasian jelang berakhirnya masa kepengurusan PWNU DIY periode 2016-2021.

Hasil survei ini diharapkan dapat menjadi evaluasi bagi kepengurusan yang sekarang maupun yang akan datang agar dapat bekerja secara maksimal dan lebih baik dalam melakukan pemberdayaan pada warga Nahdliyin dan Masyarakat Yogyakarta pada umumnya.

Sekadar informasi, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DIY akan mengadakan Konferensi Wilayah (Konferwil) ke XV di Ponpes A1-Furqon Murtigading, Sanden, 15 Januari 2022 mendatang.

Konferwil merupakan forum pertemuan tertinggi pengurus NU di tingkat provinsi.

Salah satu agenda dalam Konferwil ini adalah pergantian kepengurusan PWNU DIY, masa bakti periode 2016-2021, yang seharusnya sudah berakhir pada tahun 2021, namun karena adanya pandemi COVID-19, maka masa kepengurusan diperpanjang hingga 15 Januari 2022.

Adapun survey RSI dilaksanakan selama 2 bulan, dimulai dari perencanaan, merumuskan desain, pengumpulan data, pengolahan data, sampai penyusunan laporan hasil survey.

Survei ini menggunakan pendekatan evaluatif dengan jenis eksplanatori. Pengambilan sampling menggunakan teknik purposive sampling.

"Desain evaluatif mengacu kepada konsep Good Corporate Governance (GCG) untuk memperoleh gambaran praktek pengelolaan organisasi yang amanah dan prudensial dengan mempertimbangkan keseimbangan pemenuhan kepentingan seluruh stakeholders," terang Direktur RSI, Arin Mamlakah Kalamika.

Dijelaskannya, terdapat 5 variabel untuk mengukur hal tersebut, meliputi aspek: Akuntabilitas, Responsibilitas,Independensi, Fairness, dan Transparansi.

Responden dalam survei ini dipilih atas dasar hubungan terdekat dengan pengurus PWNU DIY. Mereka adalah para pengurus harian dari lembaga-lembaga dan badan otonom yang menjadi bagian dari kepengurusan PWNU DIY periode 2016-2022.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved