Breaking News:

Berita DI Yogyakarta Hari Ini

Pohon Tumbang Mendominasi Bencana di DIY Selama Dua Pekan pada Awal Tahun 2022

BPBD DIY mengimbau masyarakat agar siaga bencana pada puncak musim hujan kali ini.

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Kejadian pohon tumbang di Kabupaten Sleman, setelah diguyur hujan disertai angin kencang, pada Jumat (24/12/2021) petang. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengimbau masyarakat agar siaga bencana pada puncak musim hujan kali ini.

Kepala BPBD DIY Biwara Yuswantana mengatakan, kombinasi hujan lebat dan angin kencang dapat memicu terjadinya tanah longsor serta insiden di luar kendali lainnya.

Dalam dua minggu terakhir Januari 2022 tercatat ada beberapa kejadian bencana yang terpantau BPBD DIY.

Kejadian bencana alam itu dimulai adanya pohon tumbang yang menimpa rumah warga di Pedukuhan Bugel, Panjatan Kulon Progo pada 2 Januari 2022, kemudian disusul pada hari Kamis, 6 Januari 2022 angin kencang juga menyebabkan pohon tumbang menimpa rumah di Ringinardi, Karangsari, Pengasih, Kulon Progo .

Selanjutnya, pada hari Jumat, 7 Januari 2022 giliran masyarakat di Banyuurip, Wonokerto, Turi Sleman juga mengalami gangguan akses jalan dan matinya jaringan listrik karena pohon yang tumbang menutup akses jalan serta menimpa jaringan listrik utama.

Baca juga: Hujan Deras Disertai Angin, Sejumlah Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Sleman Siang Tadi

“Untungnya Tim SAR DIY berkoordinasi dengan pihak terkait langsung menangani dengan sigap kejadian tersebut sehingga kondisi dapat segera dipulihkan. Dari kejadian itu kami imbau masyarakat selalu waspada dengan cuaca ekstrim ini,” katanya, Jumat (14/1/2022).

Kejadian berikutnya, yakni Selasa, 11 Januari 2022 ada 2 kejadian pohon tumbang, lokasi pertama di  Sukoreno, Sentolo, Kulon Progo mengakibatkan terganggunya jaringan listrik yang tertimpa pohon yang tumbang.

Sementara kejadian pohon tumbang kedua terjadi di Trojayan, Harjobinangun, Pakem, Sleman. Kedua kejadian tersebut telah diatasi oleh BPBD dan relawan setempat.

Puncak fenomena awal tahun itu yakni, pada Rabu, 12 Januari 2022, terjadi hujan lebat yang disertai dengan angin kencang mengakibatkan banyak kejadian pohon tumbang dan konstruksi roboh dalam hari yang sama di beberapa lokasi di DIY.

Untuk kejadian di kabupaten Sleman tercatat beberapa baliho rusak dan 1 baliho besar roboh di perempatan Ringroad Condong Catur, Depok, Sleman pada pukul 13.45 WIB sehingga menimpa lampu APILL, jaringan listrik, jaringan telepon dan tiang trafo listrik yang turut roboh.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved