Breaking News:

Mekanisme Penerapan Travel Bubble saat Pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022

Mekanisme travel bubble ini bisa diterapkan saat gelaran MotoGP Mandalika 2022, pada 18-20 Maret mendatang

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Muhammad Fatoni
BAY ISMOYO / AFP
Foto udara yang diambil pada 17 November 2021 menunjukkan Sirkuit Internasional Mandalika 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah bakal menerapkan skema travel bubble saat pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022.

Sirkuit Mandalika sendiri akan menjadi tuan rumah balap seri kedua MotoGP 2022, yakni pada 18-20 Maret 2022 mendatang.

Komandan Lapangan Persiapan MotoGP Mandalika 2022, Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto, berharap mekanisme travel bubble bisa diterapkan saat gelaran MotoGP Mandalika.

Hal ini untuk mengantisipasi resiko virus COVID-19 masuk ke Indonesia, saat peserta dan tim MotoGP tiba.

“Sebelum mereka datang, kita sudah tahu jumlahnya. Sudah PCR (polymerase chain reaction) atau belum. Jika sudah hasilnya apa. Jika negatif silakan masuk, turun di bandara internasional Lombok,” katanya di Mandalika, Kamis (13/1/2022).

Baca juga: Hadi Tjahjanto Tinjau Sirkuit Mandalika, Pastikan Kesiapan Event MotoGP

Baca juga: Moto GP 2022: Berikut Daftar Harga Tiket MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika 18-20 Maret

Mekanisme ini juga akan memudahkan proses selanjutnya di mana setelah pemeriksaan administrasi selesai, rombongan akan ditempatkan di hotel masing-masing tempat mereka menginap. Di hotel pun selanjutnya tetap dilaksanakan pemeriksaan PCR.

“Sebelum hasilnya keluar, mereka ini akan tetap stay di hotel. Ini sudah masuk proses bubble,” ujar Hadi seraya menambahkan bahwa seluruh pekerja hotel juga telah dipastikan terbebas dari virus melalui pemeriksaan PCR.

Hotel tempat tim juga wajib menyiapkan satu lantai untuk melaksanakan karantina apabila dari hasil PCR ternyata ada yang terbukti positif.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menjajal Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB pada Jumat (12/11/2021). Jokowi menggunakan motor balap pribadi.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menjajal Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB pada Jumat (12/11/2021). Jokowi menggunakan motor balap pribadi. (Dokumentasi Fotografer Presiden Agus Suparto)

Menurut rencana, kata Hadi, dalam waktu dekat akan ditetapkan empat hotel bagi para official tim maupun pembalap peserta MotoGP Mandalika 2022.

“Saya juga akan mengusulkan kepada BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), Kementerian Kesehatan, Satgas COVID-19 untuk menugaskan tenaga-tenaga khusus yang akan menangani COVID-19 yang ada di Wisma Atlet,” kata Hadi.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved