Breaking News:

Berita Kota Yogya Hari Ini

'Karang Mini Stadium' Bisa Dipakai Mulai Februari 2022, Bakal Jadi Training Ground PSIM Yogyakarta? 

Pemkot Yogyakarta sukses merampungkan revitalisasi Lapangan Karang , yang berlokasi di Kemantren Kotagede, penghujung Desember 2021 lalu.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Gaya Lufityanti
Dokumentasi Pemkot Yogyakarta
Wajah baru Lapangan Karang yang mengusung format mini stadium bertaraf nasional. 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemkot Yogyakarta sukses merampungkan revitalisasi Lapangan Karang , yang berlokasi di Kemantren Kotagede, penghujung Desember 2021 lalu.

Sedianya, fasilitas olahraga dengan standar nasional itu, bisa dioperasikan mulai Februari 2022. 

Kepala Penataan Pembangunan, Dinas Pekerjaan Umum  Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogya, Fakhrul Nur Cahyanto menuturkan bahwa hasil penataan Lapangan Karang telah selaras rencana pembangunan.

Tetapi, saat ini, masih berada pada tahap penyempurnaan. 

Baca juga: Pemkot Yogya : Relokasi PKL Malioboro Tidak Akan Ditunda, Tetap Digulirkan Januari 2022 

"Jadi, penggunaan area lapangan, baru bisa pertengahan, atau akhir Februari ya, menunggu pertumbuhan rumputnya menutup sempurna," cetusnya, Jumat (14/1/2022). 

Adapun rumput yang dipakai adalah jenis zoysia matrella, yang juga digunakan oleh stadion-stadion besar tanah air, salah satunya Gelora Bung Karno (GBK).

Di samping itu, Lapangan Karang juga dilengkapi beberapa fasilitas penunjang, sesuai dengan konsep mini stadium. 

Antara lain, sistem drainase agar tidak terjadi genangan air saat hujan, tribun dengan kapasitas 150-200 orang, ruang ganti, ruang official, kamar mandi, pagar pembatas yang mengitari lapangan, jogging track, plaza kuliner, serta perombakan ulang untuk area outdoor fitness. 

"Warga sekarang sudah bisa memanfaatkannya, tapi baru area yang di luar pagar seperti  jogging track. Aapalagi, kita juga masih proses serah terima ke bidang aset. Kemudian, dari bidang aset diserahterimakan ke Disdikpora, untuk pengelolaan Lapangan Karang ," ucap Fakhrul. 

Baca juga: Tindak Lanjut Perda KTR, Pemkot Yogya Didorong Batasi Iklan Rokok di Ruang Publik 

Seperti kabar yang berhembus selama ini, klub sepakbola PSIM Yogyakarta kabarnya bakal memanfaatkan fasilitas Lapangan Karang sebagai training ground-nya.

Terlebih, kesebelasan berjuluk Laskar Mataram tersebut belum memiliki tempat latihan yang reprpesentatif. 

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, di sela peresmian Lapangan Karang pada 31 Desember lalu, telah mengirim sinyal.

Ia berharap, proyek revitalisasi yang menghabiskan  anggaran Rp6,4 miliar ini, mampu mendongkrak prestasi persepakbolaan Kota Yogya, termasuk PSIM Yogyakarta

"Tentu, besar harapan kami, keberadaan fasilitas olahraga yang semakin mumpuni, persepakbolaan Kota Yogyakarta semakin maju. Kemudian, PSIM yang kita banggakan bersama, promosi ke Liga 1," tegasnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved