Breaking News:

Data Sementara Kerusakan Rumah, Sekolah, Puskesmas Akibat Gempa di Banten: Tersebar di 23 Kecamatan

Bangunan rusak dilaporkan terdapat di 23 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Pandeglang dan Lebak akibat gempa di Banten

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
ist
Ilustrasi gempa bumi 

TRIBUNJOGJA.COM - Kerusakan bangunan mulai dari rumah, sekolah, dan puskesmas terjadi akibat gempa bumi  dengan kekuatan magnitudo (M) 6,6 SR di Provinsi Banten. 

Gempa berkekuatan M 6,6 yang mengguncang Banten semula dilaporkan terjadi pada Jumat (14/1/2022), pukul 16.05 WIB. Pusat gempa berada di Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten, dengan kedalaman 40 kilometer.

Disebutkan, gempa M 6,6 ini berpusat di laut dengan titik pusat gempa berada di 52 kilometer barat daya Kecamatan Sumur.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami. BMKG juga mengimbau masyarakat yang berada di lokasi terdampak untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca juga: BREAKING NEWS : Gempa 6,7 SR Melanda Banten

Data kerusakan akibat gempa Banten

Tribun Jogja mengutip dari laman kompas.com, gempa tersebut memicu kerusakan sejumlah rumah dan sekolah. Bangunan rusak dilaporkan terdapat di 23 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Pandeglang dan Lebak.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang melaporkan sejumlah bangunan rusak seperti rumah, sekolah, dan puskesmas tersebar di 17 kecamatan.

Kecamatan di Pandeglang yang terdapat bangunan rusak antara lain Cimanggu, Cikeusik, Cibaliung, Panimbang, Carita, Sukaresmi, Pagelaran, Sumur, Cigeulis, Mandalawangi dan Patia. Kemudian Kecamatan Angsana, Munjul, Sindangresmi, Jiput, Saketi dan Bojong.

Kepala BPBD Pandeglang, Irgi Jantoro mengatakan sebagian besar bangunan yang rusak adalah rumah tempat tinggal. Sementara sekolah yang rusak antara lain MTS 3 dan MAN 4 Cibaliung serta SDN 3 di Kecamatan Sumur.

"Untuk Puskesmas yang rusak di Kecamatan Sumur," kata Irgi kepada Kompas.com melalui keterangan tertulis, Jumat (14/1/2022).

Terkait total bangunan yang rusak, kata dia, saat ini masih dilakukan pendataan. Selain Pandeglang, dampak gempa juga terjadi di Kabupaten Lebak, Banten.

Terdapat pula sekolah dan rumah rusak yang tersebar di enam kecamatan antara lain di Gunung Kencana, Cibadak, Wanasalam, Cijaku, Cihara dan Malingping. "Di Gunung Kencana atap kelas MAN 3 Lebak ambruk," kata Kepala BPBD Lebak Febby Rizky Pratama. Baik di Pandeglang dan Lebak hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa.

(*/kompas.com)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved