Breaking News:

Berita Klaten Hari Ini

10 Ribu KPM di Klaten Terima Pencairan Bansos BPNT Secara Tunai

Sebanyak sekitar 10.100 keluarga penerima manfaat (KPM) pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Kabupaten Klaten menerima pencairan program BPNT.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Ilustrasi Berita Klaten 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sebanyak sekitar 10.100 keluarga penerima manfaat (KPM) pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Kabupaten Klaten , Jawa Tengah menerima pencairan program Bantuan Pangan Non Tunai ( BPNT ).

Pencairan bantuan sosial alias bansos tersebut sudah mulai dilakukan sejak Selasa (11/1/2022) hingga Jumat (14/1/2022) di kantor-kantor kecamatan yang ada di Klaten .

"Data kita ada sekitar 11.300 warga pemegang kartu KKS, ini yang kemudian kita verifikasi dan validasi jadi 10.100 penerima," ujar Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB Kabupaten Klaten , Muhammad Nasir pada awak media, Jumat (14/1/2022).

Diakui Nasir, pencairan bansos senilai Rp 200 ribu itu paling lambat harus diselesaikan pada Jumat ini.

"Jadi sejak 4 hari ini kita undang warga di kecamatan yang memegang KKS untuk mengambil bansos ini," tuturnya.

Baca juga: Bupati Klaten Sri Mulyani sebut Produksi Padi di Klaten Capai 480.023 Ton Pada Tahun 2021

Kata Nasir, pada Jumat ini, pihaknya melakukan pemantauan penyaluran bansos itu di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Wonosari, Pedan, Cawas, Wedi, Trucuk, dan Kebonarum.

"Staf khusus Mensos juga sempat ikut memonitor penyaluran di sini dan penyerapan kita disebut cukup baik," lanjutnya.

Sementara itu, Koordinator PKH Kabupaten Klaten , Theo Markis menambahkan pencairan kali ini merupakan untuk percepatan, sebab kita sampai Jumat tidak ada yang mengambil bantuan uangnya dikembalikan ke negara.

"KKS ini bantuan BPNT sembako. Klaten penerimanya ada dua tahap. Bantuannya karena ini percepatan jadi diambil tunai di tempat, bukan sembako," ucapnya.

Menurut dia, pada bansos sebelumnya keluarga penerima manfaat (KPM) itu bisa mencairkan bantuan BPNT berupa sembako di e-warung yang ada di Klaten .

"Biasanya dengan adanya kartu bisa diambil di e-warung untuk beli beras atau sembako lainnya. Sekarang harus tunai karena untuk percepatan," tandasnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved