Breaking News:

Berita Klaten Hari Ini

Stok Kosong, Dinkes Klaten Belum Tahu Kapan Bisa Melaksanakan Vaksinasi Booster Covid-19

Masyarakat Kabupaten Klaten, Jawa Tengah harus lebih bersabar terkait keinginan mendapatkan vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Almurfi Syofyan
Seorang vaksinator Covid-19 Dinas Kesehatan Klaten saat menunjukan botol vaksin Covid-19 di sela-sela vaksinasi massal di Pasar Srago, Klaten Senin (6/12/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Masyarakat Kabupaten Klaten, Jawa Tengah harus lebih bersabar terkait keinginan mendapatkan vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster.

Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) hingga saat ini belum bisa memastikan kapan vaksin booster bisa disuntikkan bagi warga di daerah itu.

Hal itu terjadi karena, hingga saat ini stok vaksin Covid-19 untuk dosis ketiga tersebut di Kabupaten Bersinar masih kosong.

"Kita masih nunggu ketersediaan vaksinnya. Artinya kalau vaksin sudah ada kita siap lakukan vaksin booster itu," ujar Kepala Dinkes Klaten, Cahyono Widodo ditemui TribunJogja.com di Pemkab Klaten, Kamis (13/1/2022).

Baca juga: Satu Bulan Terakhir, Deretan Reklame Ilegal dan Rawan Tumbang Ditertibkan Pemkot Yogyakarta

Ia menjelaskan, jika stok vaksin nantinya sudah tersedia kalangan lanjut usia (lansia) akan menjadi prioritas utama untuk mendapatkan suntikan booster itu.

"Sasaran booster kita yang pertama adalah lansia kan dulu yang pertama vaksin juga lansia," jelasnya.

Kemudian Cahyono menjelaskan, capaian vaksin di Kabupaten Klaten sudah lebih dari 70 persen dan itu artinya bisa melanjutkan untuk pemberian booster.

"Kalau soal indikator-indikator pelaksanaan vaksin booster itu kita sudah layak. Kendala kita saat ini hanya ketersediaan vaksinnya itu yang belum ada, jadi kita nunggu dropping dari provinsi," imbuhnya.

Cahyono mengaku juga belum mengetahui secara pasti kapan pihak Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengirimkan vaksin booster itu.

"Kita belum tahu kapan vaksin booster itu dikirim provinsi," tambahnya.

Adapun terkait sasaran vaksin booster, lanjutnya sekitar 1 juta penduduk.

"Syaratnya nanti yang mau booster sudah vaksin sekitar 6 bulan dari dosis sebelumnya," tandasnya.

Baca juga: Sempat Nol Kasus, Kini Covid-19 di Klaten Tercatat 2 Kasus, Dinkes : Keduanya Pelaku Perjalanan

Sebelumnya, Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono mengatakan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah hingga saat ini masih menerapkan  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

"Sekarang kita masih PPKM level 2, kita sudah sesuaikan juga pada Inbup-nya. Batasan atau aturan mainnya masih sama seperti yang dulu," ujarnya.

Adapun penerapan PPKM Level 2 ini, kata Jajang, berlaku sejak 4-17 Januari 2022. Terkait aturan yang berlaku masih sama dengan PPKM Level 2 pada penerapan sebelumnya. (Mur)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved