Breaking News:

Respon Soal Baliho Ambruk, BPKA DIY : Pemkab/Pemkot Jangan Kejar Target Pajak Reklame Saja

Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tak ikut campur dalam pengelolaan pendapatan pajak reklame atau baliho.

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Hari Susmayanti
Tribunjogja/Yuwantoro Winduajie
Kepala BPKA DIY Wiyos Santoso 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tak ikut campur dalam pengelolaan pendapatan pajak reklame atau baliho.

Mereka juga tak memiliki wewenang untuk melakukan pengawasan terhadap baliho yang tak berizin, terutama yang rawan roboh saat diterjang hujan.

Kepala BPKA DIY Wiyos Santoso mengatakan, sesuai aturan yang ada, pajak reklame atau baliho dikelola pemerintah Kabupaten/Kota.

"Aturan yang ada pajak reklame atau baliho masuk ke Kabupaten/Kota. Di DIY tidak ada penerimaan pajak reklame," katanya, dihubungi, Kamis (12/1/2022).

Atas hal itu, pemerintah DIY tidak dapat mengambil alih pendapatan pajak reklame, meski objek reklame berdiri di atas jalan provinsi.

"Enggak bisa ambil alih, karena dari undang-undangnya pajak reklame itu ditetapkan kabupaten/kota," jelasnya.

Kendati demikian, Wiyos menyoroti soal robohnya baliho berukuran jumbo di kawasan Ring Road Utara, Condongcatur, Sleman, Rabu (12/1/2022) lalu.

Menurutnya, pemerintah kota/kabupaten harus selalu melakukan monitoring serta evaluasi keberadaan baliho yang sudah berumur panjang dan rawan roboh.

"Ini sebenarnya yang harus menjadi kewajiban kabupaten/kota untuk selalu monitoring dan evaluasi keberadaan baliho yang sudah tua atau rawan roboh. Tidak hanya mengejar target pendapatannya saja," tegasnya.

Dari sisi vendor baliho, General Officer PT. Lendis Cipta Media Jaya, Handoko, mengatakan, bisnis advertising di DIY sudah memenuhi ketentuan yang berlaku.

Baca juga: Cegah Kasus Baliho Ambruk, Pakar Tata Kota UGM : Ukuran Reklame Perlu Atur Detail

Baca juga: Antisipasi Cuaca Esktrem, Pemkot Yogya Perketat Pengawasan Konstruksi Reklame

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved