Breaking News:

Berita DI Yogyakarta

Gaji dan Tunjangan Anggota DPRD DIY di Tahun 2022 Tak Alami Kenaikan

Berbeda dengan anggota DPRD DKI Jakarta, tunjangan dan gaji anggota DPRD DIY pada tahun anggaran 2022 ini tak mengalami kenaikan. 

TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Berbeda dengan anggota DPRD DKI Jakarta, tunjangan dan gaji anggota DPRD DIY pada tahun anggaran 2022 ini tak mengalami kenaikan. 

Wakil Ketua DPRD DIY , Huda Tri Yudiana menjelaskan, tidak adanya kenaikan gaji dan tunjangan ini satu di antaranya disebabkan kondisi keuangan daerah yang minim akibat pandemi Covid-19

Dia membeberkan, gaji pimpinan dengan semua tunjangan yang diterima DPRD DIY saat ini mencapai sekitar Rp 39 juta per bulan. 

"Pemasukan pajak selama 2021 juga mengalami penurunan sehingga tidak ada kenaikan gaji, baik bagi pimpinan maupun anggota DPRD DIY ," ujarnya Rabu (12/1/2022).

Baca juga: DPRD DIY Sepakati RAPBD Tahun 2022 Sebesar Rp5,9 Triliun

Menurut Huda, transfer daerah dari APBN saat ini kemungkinan juga mengalami penurunan.  

Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden (perpres) Nomor 33 Tahun 2020 tentang Standar Harga Satuan Regional yang terkait biaya efisiensi perjalanan dinas dalam negeri, honorarium, rapat atau pertemuan di dalam dan di luar kantor, pengadaan kendaraan dinas dan pemeliharaan.

Sesuai aturan tersebut, maka kepala daerah dapat menetapkan standar harga satuan dengan memperhatikan prinsip efisiensi, efektivitas, kepatutan, dan kewajaran sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Karenanya alih-alih menambah anggaran untuk gaji dan tunjangan, DPRD DIY lebih memprioritaskan APBD untuk pemulihan ekonomi dan kesehatan pasca pandemi Covid-19 .

Penganggaran yang lebih efektif tersebut dirasakan bisa membangkitkan perekonomian DIY.

Dengan demikian pemerintah dan masyarakat bisa bangkit bersama.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved