UMY Targetkan 30 Mahasiswa Lolos Program IISMA 2022

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pun mengusung misi meloloskan lebih banyak mahasiswa dalam program IISMA 2022.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Hari Susmayanti
internet
UMY 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Tahun 2022 ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan kembali menyelenggarakan program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

Program tersebut memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk berkuliah di luar negeri selama beberapa waktu, termasuk di kampus-kampus top dunia.

Peluang tersebut pun akan dimanfaatkan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta secara maksimal.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pun mengusung misi meloloskan lebih banyak mahasiswa dalam program IISMA 2022.

Tahun 2021 lalu, ada 15 mahasiswa yang berhasil lolos. Maka, tahun ini, UMY menargetkan dua kali lipat atau 30 mahasiswa untuk bisa lolos mengikuti program tersebut.

“UMY sudah gencar melakukan persiapan, bahkan sejak bulan November 2021 lalu. Persiapan dimulai dengan pendaftaran untuk penyaringan pada level universitas di bulan November hingga awal Desember lalu hingga akhirnya tersaringlah 45 mahasiswa,” kata Kepala Kantor Urusan Internasional UMY, Yordan Gunawan, Selasa (11/1/2022).

Baca juga: Telkom Pamerkan Produk Digital dan Startup Karya Anak Bangsa di Expo 2020 Dubai

Baca juga: PWNU DIY Siap Jawab Tantangan Abad Ke-2 NU

Dia melanjutkan, di akhir Desember 2021, pihaknya telah mengadakan IISMA Camp dimana ada workshop serta seminar bagi para mahasiswa terkait IISMA itu sendiri.

“Setelah itu, saat ini kami sedang memberikan fasilitas berupa kursus untuk persiapan IELTS, Duolingo, dan TOEFL IBT hingga bulan Februari nanti. Kami akan terus membimbing dan mendampingi mereka hingga semua proses seleksi selesai,” terang dosen Fakultas Hukum ini.

Menurut Yordan, melalui program IISMA 2022, para mahasiswa yang lolos akan semakin diperluas wawasannya.

Apalagi, dengan kewajiban untuk mengambil kelas multidisiplin atau di luar jurusan masing-masing.

Selain itu, para mahasiswa juga secara tidak langsung akan menjadi brand ambassador yang dapat menjadi jembatan untuk mempererat kerjasama antara UMY dan kampus tujuan mereka nantinya.

Ia berharap agar para mahasiswa yang menjadi delegasi dari IISMA ini dapat belajar dan memanfaatkan kesempatan yang mereka punya dengan baik dan disiplin.

“Selain itu untuk para peserta yang sudah berproses bersama universitas namun belum bisa lolos menjadi delegasi IISMA agar tidak berkecil hati, karena tidak ada yang sia-sia dari proses yang sudah mereka jalani, pasti juga sudah ada rencana yang Allah siapkan untuk mereka nantinya,” pungkasnya. (Tribunjogja)

 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved