Proyeksi Pergerakan Rupiah 12 Januari 2022

Sentimen dari dalam negeri soal penghapusan larangan ekspor batubara dinilai bisa jadi angin segar untuk pergerakan rupiah.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
dok.istimewa
Ilustrasi Kurs Rupiah terhadap Dollar AS hari ini 

TRIBUNJOGJA.COM - Berikut adalah proyeksi pergerakan rupiah untuk 12 Januari 2022. Kurs rupiah diperkirakan mengalami penguatan pada perdagangan 12 Januari. Sentimen dari dalam negeri soal penghapusan larangan ekspor batubara dinilai bisa jadi angin segar untuk pergerakan rupiah.

Ekonom Sucor Sekuritas Ahmad Mikail mengungkapkan, keputusan pemerintah untuk mengangkat larangan ekspor batubara bisa menjadi katalis positif.

Pasalnya, dengan ekspor batubara yang kembali dibuka, Indonesia berpotensi kembali mencatatkan surplus neraca perdagangan di bulan Januari.

“Kabar ini bisa memberikan confidence kepada para pelaku pasar bahwasanya trade balance di Januari masih bisa tetap surplus sehingga membuat rupiah bisa lebih stabil,” kata Ahmad kepada Kontan.co.id, Selasa (12/1).

Tapi dia mengingatkan, penguatan rupiah akan cenderung terbatas. Hal ini seiring dengan dirilisnya data inflasi Amerika Serikat (AS) pada Selasa malam.

Data Consumer Price Index AS untuk bulan Desember diproyeksi berada di atas 5,8 %. Hal ini bisa membuat yield US Treasury bergerak menguat ke arah 1,8 %.

Ahmad pun memperkirakan, rupiah bergerak terbatas dalam rentang Rp 14.280 - Rp 14.310 per dolar AS pada Rabu (12/1).

Adapun, pada perdagangan hari ini, Selasa (11/1), rupiah di pasar spot ditutup ke level Rp 14.304 per dolar AS atau melemah tipis 0,03 %. Sementara di referensi Jisdor Bank Indonesia (BI), mata uang Garuda ini justru berhasil menguat 0,17 % setelah ditutup di level Rp 14.299 per dolar AS.

Artikel tayang di https://investasi.kontan.co.id/news/ada-rilis-inflasi-as-intip-proyeksi-pergerakan-rupiah-untuk-besok-121

Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved