Breaking News:

Obyek Wisata

Foto-foto Gondola Wisata di Lereng Merapi : Sensasi Melintasi Lembah Sedalam 150 Meter

Bagi Anda penyuka obyek wisata yang memacu andrenalin, gondola wisata di lereng Gunung Merapi ini tampaknya patut Anda coba

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Mona Kriesdinar
TRIBUNJOGJA/ Almurfi Syofyan
Penampakan kereta gantung atau gondola wisata di lereng Gunung Merapi di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Sabtu (10/3/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Bagi Anda penyuka obyek wisata yang memacu andrenalin, gondola wisata di lereng Gunung Merapi ini tampaknya patut Anda coba. Bagaimana tidak, Anda akan diajak untuk melintasi jurang sedalam 150 meter dengan menggunakan gondola yang bergantung di bawah tali sling sepanjang 120 meter. Mendebarkan sekaligus mengasyikan karena Anda akan menyaksikan pemandangan alam yang indah di kawasan lereng Gunung Merapi.

Adapun obyek wisata ini berada di di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Gondola ini menyambungkan Dukuh Girpasang dan Dukuh Ngringin, yang dipisahkan jurang sedalam 150 meter dan lebar 120 meter.

Sebelum ada gondola ini, warga harus melintasi ribuan anak tangga dengan menyusuri lembah.

Seorang pengunjung melihat dari dekat penampakan gondola wisata di Desa Tegamulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Sabtu (10/4/2021).
Seorang pengunjung melihat dari dekat penampakan gondola wisata di Desa Tegamulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Sabtu (10/4/2021). (TRIBUNJOGJA/ Almurfi Syofyan)

Sebagai catatan, pembangunan gondola ini memakan waktu hingga empat bulan lamanya mulai akhir Desember 2020 hingga awal April 2021 dengan menggunakan Dana Desa 2020 sebesar Rp 180 juta.

"Semoga dengan adanya ini, arus lalu lintas dari dukuh Girpasang ke dukuh Ngringin dan sebaliknya bisa terbantu dan lebih aman," ucapnya saat berbincang dengan Tribun Jogja di lokasi gondola, Sabtu (10/4/2021).

Ia mengatakan, mimpi warga Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten untuk memiliki kereta gantung atau gondola yang lebih representatif akhirnya terwujud.

Pasalnya, selama ini kereta gantung atau gondola yang ada di desa itu menghubungkan Dukuh Girpasang dan Dukuh Ngringin hanya menggunakan gondola barang.

Tidak jarang gondola barang itu juga dinaiki oleh warga setempat karena menghemat waktu, tenaga dan jarak tempuh jika ingin berpergian.

Gondola Wisata yang jadi unggulan Kampung Girpasang, Klaten
Gondola Wisata yang jadi unggulan Kampung Girpasang, Klaten (TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan)

Sebelum adanya gondola barang, arus lalu lintas utama dari Dukuh Girpasang ke Dukuh Ngringin dan sebaliknya adalah menuruni dan menaiki seribuan anak tangga di jurang sedalam 150 meter tersebut.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved