Breaking News:

Buzz of the world

Kasus Langka Flu Burung Menular Pada Manusia

Pejabat kesehatan Inggris mengidentifikasi kasus langka flu burung yang ditemukan pada manusia.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Mona Kriesdinar
LAtimes.com
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, LONDON - Pejabat kesehatan Inggris mengidentifikasi kasus langka flu burung yang ditemukan pada manusia. Temuan ini muncul saat Inggris sedang memerangi flu burung, wabah virus terbesar yang menyerang unggas.

Penularan flu burung dari unggas ke manusia sangat jarang dan sebelumnya hanya terjadi beberapa kali di Inggris, kata Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) dikutip dari AFP. Individu yang terinfeksi, di barat daya Inggris, dikatakan dalam kondisi baik dan isolasi mandiri, tambahnya.

“Orang tersebut tertular infeksi dari kontak yang sangat dekat dan teratur dengan sejumlah besar unggas yang terinfeksi, yang mereka simpan di dalam dan di sekitar rumah dalam jangka waktu yang lama,” kata UKHSA.

UKHSA mengatakan, risiko flu burung terhadap masyarakat luas tetap sangat rendah, tetapi memperingatkan orang-orang untuk tidak menyentuh unggas yang sakit atau mati.

Inggris memusnahkan sekitar setengah juta burung pada 2021 karena bergulat dengan apa yang disebut Menteri Lingkungan George Eustice sebagai wabah flu burung terbesar yang pernah ada di negara itu.

Bersamaan dengan pemusnahan, pemerintah meluncurkan aturan baru pada Desember 2021 yang mewajibkan pemelihara memastikan semua burung yang ditangkap berada di dalam ruangan, dan mengikuti langkah-langkah biosekuriti yang ketat untuk membendung penyebaran virus.

Namun, para pejabat khawatir burung-burung liar yang bermigrasi dari daratan Eropa selama bulan-bulan musim dingin mungkin membawa penyakit tersebut.

Bebek dan angsa termasuk spesies liar yang diketahui terkena dampak, sementara sejumlah burung pemangsa juga dipastikan mati. (kpc)

Baca Tribun Jogja edisi Sabtu 08 Januari 2022 halaman 02

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved