Breaking News:

8 Mobil Dinas Pimpinan DPRD Klaten Dikembalikan ke Pemkab, Ini Tanggapan Bupati Sri Mulyani

Mobil dinas tersebut ditarik Pemkab Klaten untuk dipergunakan oleh sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum memiliki kendaraan

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUN JOGJA / ALMURFI SYOFYAN
Bupati Klaten Sri Mulyani saat ditemui TribunJogja.com di Alun-alun Klaten, Jumat (7/1/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Mobil dinas pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dikembalikan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten.

Mobil dinas tersebut ditarik Pemkab Klaten untuk dipergunakan oleh sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Klaten yang belum memiliki kendaraan dinas.

"Pada prinsipnya bahwa eksekutif dan legislatif ini saling bersinergi ya. Saling bekerjasama. APBD sedikit kita juga lihat dengan situasi kondisi," ujar Bupati Klaten, Sri Mulyani, saat ditemui di Alun-alun Klaten, Jumat (7/1/2022).

Menurut Mulyani, apa yang dilakukan oleh Pemkab Klaten terkait mobil dinas pimpinan DPRD Klaten tersebut di dalam ketentuan diperbolehkan.

"Itu bukan hanya di Klaten di daerah lain juga banyak. Prinsipnya itu saja.Tidak ada yang dilanggar, mungkin ini hal baru tapi tidak ada yang dilanggar," lanjut Mulyani.

Diakui Mulyani, mobil dinas pimpinan DPRD yang dikembalikan itu dipakai oleh kepala OPD yang belum punya kendaraan dinas atau mobil dinasnya sudah rusak.

"Karena pandemi ini kan kita juga butuh anggaran yang cukup besar, sehingga mobil yang dikembalikan atau dipakai oleh pimpinan dewan kita berikan kepada OPD yang saat ini mobilnya sudah tidak begitu layak," ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo, membenarkan penarikan mobil dinas pimpinan DPRD Klaten ke Pemkab Klaten.

Ia pun mengatakan jika hal tersebut merupakan hal biasa dan saat ini dirinya melaksanakan tugas dengan mobil pribadi.

"Tidak masalah, kita kalau di lapangan juga pakai mobil plat hitam. Kan ini sudah sejak 1 Januari 2022 pakai mobil pribadi," ucapnya di temui di Alun-alun Klaten.

Disebutkan Hamenang, jumlah mobil dinas milik pimpinan DPRD Klaten yang dikembalikan ke Pemkab Klaten sebanyak 8 unit.

"Totalnya ada delapan unit ya, kan pimpinan (DPRD) masing-masing dapat dua mobil. Sekarang pimpinan lainnya juga pakai mobil pribadi," katanya.

Kemudian, lanjut Hamenang, saat ini yang terpenting adalah tugas-tugas dari para OPD di Pemkab Klaten bisa berjalan terlebih dahulu untuk melayani rakyat.

"Yang penting semua bisa jalan dulu. Teman-teman di OPD bisa memanfaatkan dulu. Ini kan kita bisa menghemat anggaran saat krisis pandemi ini," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved