Breaking News:

Berita Tribun Jogja Hari Ini

Kemendag Berjanji Stok Minyak Goreng Tetap Tersedia

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memastikan kegiatan operasi pasar untuk menstabilkan harga minyak goreng di pasaran akan terus dilakukan.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Mona Kriesdinar
freepik.com
Ilustrasi Minyak Goreng 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memastikan kegiatan operasi pasar untuk menstabilkan harga minyak goreng di pasaran akan terus dilakukan.

Menurut dia, Kementerian Perdagangan telah melakukan koordinasi dengan produsen dan distributor serta pemerintah daerah untuk terus memastikan ketersediaan minyak goreng di pasar tradisional sehingga tidak terjadi kelangkaan di pasar.

"Kami juga meminta Pemerintah Daerah, khususnya dinas yang membidangi perdagangan untuk melakukan operasi pasar minyak goreng di wilayah masing-masing, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas," ujar Mendag dalam keterangan pers, Selasa (4/1/2022).

Pemerintah lanjut Mendag juga akan menggunakan instrumen subsidi yang berasal dari Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit, di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian. Subsidi ini untuk kebutuhan pangan, khususnya dalam rangka menstabilkan harga minyak goreng.

Mendag juga berjanji memastikan stok minyak goreng tetap tersedia secara nasional dengan harga yang terjangkau, sehingga masyarakat dapat memperoleh minyak goreng di semua pasar baik ritel modern maupun di pasar tradisional.

"Stabilitas harga pangan menjadi perhatian serius pemerintah. Tidak hanya minyak goreng, tetapi juga barang kebutuhan pokok lainnya. Stabilitas harga merupakan mandat yang diamanahkan Presiden yang kami laksanakan dengan sungguh-sungguh agar masyarakat bisa menikmati harga yang wajar," tambah Mendag.

Direktur Bahan Pokok dan Penting Kemendag, Isy Karim mengatakan, rencana subsidi ini masih dalam pembahasan secara teknis. Namun, Isy berharap minggu ini skema dan teknis distribusi dari subsidi minyak goreng sudah dapat rampung pembahasannya.

"Skema subsidinya masih dibahas dalam rakor teknis. Mudah-mudahan minggu ini sudah bisa diputuskan skema dan teknis distribusinya," kata Isy kepada Kontan.co.id, Selasa (4/1/2022).

Sebelumnya, Bulog sempat mengatakan akan ikut dalam penugasan menjual minyak goreng murah tahun ini. Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Bulog, Mokhamad Suyamto menjelaskan, nantinya Bulog akan bertugas membeli minyak goreng dari produsen sesuai dengan harga pasar. (ktn/Tribun Network/sen/wly)

Baca Tribun Jogja edisi Rabu 5 Januari 2022 halaman 03

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved