Breaking News:

Berita Klaten Hari Ini

Aura Kecantikan Diyakini akan Terpancar Jika Mandi di Umbul Kroman Klaten, Ini Kata Kades Mranggen

Umbul Kroman yang berada di Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mulai dikenal oleh kalangan pelancong lokal dalam

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Almurfi Syofyan
Seorang pengunjung saat melihat jernihnya Umbul Kroman di Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Selasa (4/1/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Umbul Kroman yang berada di Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mulai dikenal oleh kalangan pelancong lokal dalam beberapa bulan terakhir.

Meski belum diresmikan sebagai tempat wisata oleh Pemerintah Desa (Pemdes) namun faktanya ada saja warga yang berkunjung ke umbul yang berada di dekat Waduk Mranggen tersebut.

Di balik kejernihan air dan keindahan pemandangan di Umbul Kroman, ternyata ada Mitos yang berkembang dan masih diyakini oleh warga sekitar.

Baca juga: Registrasi Akun LTMPT Selesai 10 Januari 2022, Ini Kuota Tiga Jalur Seleksi Mahasiswa Baru UGM

Warga Kampung Kroman, Desa Mranggen meyakini jika warga luar desa yang baru pertama kali mandi di umbul tersebut akan terlihat lebih cantik dan aura kecantikannya terlihat lebih berseri-seri.

"Itu juga diyakini oleh warga, apabila ada warga pendatang atau pengunjung yang mandi di Umbul Kroman akan terlihat lebih cantik atau auranya akan beda, itu Mitos nya," ujar Kepala Desa Mranggen, Miseran saat ditemui TribunJogja.com di ruang kerjanya, Selasa (4/1/2021).

Menurutnya, air Umbul Kroman juga memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi dan itu sudah dibuktikan oleh beberapa kali penelitian yang dilakukan oleh berbagai pihak.

Dikarenakan tingginya kandungan mineral, lanjut Miseran, air yang keluar dari mata air Umbul Kroman tersebut bisa langsung dikonsumsi oleh warga tanpa dimasak terlebih dahulu.

"Kandungan mineralnya tinggi dan itu kami ketahui setelah ada penelitian dari UGM beberapa waktu lalu," aku dia.

Ia mengatakan, pada tahun 2021, dirinya juga telah melakukan penataan di kawasan Umbul Kroman itu untuk pembuatan toilet dan kamar bilas yang dibuat di dua titik berbeda.

Nantinya, umbul juga dilengkapi dengan musala dan tempat parkir bagi pengunjung.

Seorang warga kampung Kroman, Desa Mranggen, Subadi (50) menyebut jika umbul tersebut sebenarnya belum dibuka untuk umum.

Baca juga: Lapangan Pemda Sleman Kini Makin Asyik dengan Sepuluh Alat Fitnes Outdoor 

Saat ini, pihak desa masih melakukan pembenahan serta membuat kelengkapan seperti toilet dam kamar bilas.

"Meski belum dibuka, pengunjung tetap ramai ke sini. Itu setiap hari ada saja yang datang, baik dari desa tetangga atau luar Klaten," katanya saat TribunJogja.com temui di umbul itu.

Menurut Subadi, dulunya Umbul Kroman luas kolamnya tidak sebesar kolam saat ini. Namun karena warga mulai banyak berkunjung akhirnya Pemerintah Desa (Pemdes) Mranggen melakukan penataan.

"Dulu ini mata airnya kecil, terus dibuatkan kolam untuk diperluas tahun 2021 lalu. Ini nama umbulnya, Umbul Kroman," katanya. (Mur)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved