Breaking News:

Berita Olahraga Hari Ini

PRSI DIY Bidik Pelatih Asing untuk Mencapai Target di PON 2024 Mendatang

Atlet renang DI Yogyakarta direncanakan bakal ditangani oleh pelatih asing untuk mewujudkan target prestasi minimal dua medali emas di PON 2024.

Penulis: Taufiq Syarifudin | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Taufiq Syarifudin
Atlet Puslatkab Sleman berlatih di Kolam Renang Tirta Amarta, Minggu (2/1/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Atlet renang DI Yogyakarta direncanakan bakal ditangani oleh pelatih asing dalam upaya mewujudkan target prestasi minimal dua medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh - Sumut 2024 mendatang.

Perihal itu diungkapkan langsung oleh Komite Teknis (Komtek) Pengda Persatuan Renang Indonesia (PRSI) DIY, Rosa Palmastuti pada Senin (3/1/2022).

Ia menyebut ada tiga asal negara yang kini sedang dipantau oleh PRSI DIY, yakni Jepang, Rusia, dan Amerika.

"Sekarang kita masih pantau bagaimana kualifikasi dari pelatih itu, harapannya ketika pelatih tersebut datang tidak hanya fokus dalam menggembleng atlet, tapi juga bisa memberikan ilmu kepada pelatih lokal di DIY," kata perempuan yang akrab disapa Ocha itu.

Ia melanjutkan kalau alasan lain merekrut pelatih asing adalah bagaimana pelatih tersebut memiliki pengalaman yang berbeda dalam praktek menangani atlet selama pelatihan.

Baca juga: Atlet Renang Artistik DIY, Nabilla Umarella Sesuai Target Sabet Medali Perak di PON XX Papua

"Contoh kecil pelatih asing biasanya akan menerapkan soal aturan makan makanan bagi atlet. Di sana ketegasan dari pelatih bisa jadi solusi untuk masalah itu," ujarnya.

Kemudian, Ocha mengatakan kalau pihaknya memang telah bekerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) yang siap memberikan program bantuan pelatih ke sejumlah negara.

"Untuk pelatih dari Rusia, bukan hal baru lagi. Sebelumnya, tahun 2016 kita pernah pakai jasa dari mereka dan hasilnya memang bagus. Jadi ada kemungkinan bisa ke sana lagi, pastinya tiap pelatih punya plus minusnya," kata Ocha.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua I PRSI DIY, Boyke Dharma mengatakan upaya mendatangkan pelatih asing nampaknya bakal dilakukan dalam waktu dekat.

“Permintaan dari KONI DIY bahwa cabang olahraga Aquatic menyumbang emas bagi DIY di PON Aceh-Sumut. Nah, salah satu yang dimungkinkan itu dari renang indah dan adanya pelatih asing diharapkan bisa membantu kami merealisasikannya,” kata Boyke. ( Tribunjogja.co )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved