Breaking News:

REKOMENDASI Obyek Wisata Edukatif di Jogja, Cocok untuk Liburan Keluarga di Akhir Pekan

Semua museum berikut ini berada di wilayah Kota Yogyakarta sehingga Anda pun tidak perlu beralih tempat begitu jauh dari satu museum ke museum lainnya

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
Tribunjogja.com
Museum sandi merupakan salah satu museum kephlawanan di Indonesia. 

TRIBUNJOGJA.COM - Cukup banyak obyek wisata edukatif yang ada di Yogyakarta. Ini bisa menjadi pilihan Anda ketika ingin berlibur bersama keluarga di akhir pekan. Sehingga momen liburan Anda pun bisa lebih berkesan lantaran tidak hanya rekreasi, namun juga sambil belajar bersama anak-anak.

Terkait hal itu, berikut ini kami berikan gambaran rekomendasi mengenai wisata edukatif di Jogja utamanya untuk obyek wisata museum. Semua museum berikut ini berada di wilayah Kota Yogyakarta sehingga Anda pun tidak perlu beralih tempat begitu jauh dari satu museum ke museum lainnya.

Berikut daftarnya :

1. Museum Jenderal Sudirman

Museum Jenderal Sudirman berada di Bintaran Wetan no. 3 Yogyakarta, hanya sekitar 1 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.

Museum Jenderal Sudirman menempati sebuah gedung yang dibangun pada masa pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1890.

Mengalami berbagai peralihan fungsi, gedung ini pernah menjadi kediaman dinas resmi Jendral Sudirman dan Keluarga sejak 18 Desember 1945 sampai 19 Desember 1948, saat ia menjadi panglima tertinggi TKR (Tentara Keamanan Rakyat).

Pada tanggal 17 Juni 1968, sempat dipakai untuk Museum Pusat Angkatan Darat, sebelum akhirnya diresmikan sebagai Museum Sasmitaloka Panglima Besar (Pangsar) Jendral Sudirman pada tanggal 30 Agustus 1982.

Koleksi yang dimiliki Museum Sasmitaloka diantaranya berupa patung-patung Jendral Sudirman, koleksi persenjataan dan berbagai piagam penghargaan, peralatan dan seragam yang sehari-hari digunakan pada saat bertugas, termasuk replica tandu yang dipergunakan saat Perang Gerilya.

Museum Sasmitaloka juga memiliki panel-panel diorama yang menceritakan perjalan Jendral Sudirman saat melakukan perang Gerilya, juga diorama saat ia menjalani perawatan di Rumah Sakit Panti Rapih.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved