Breaking News:

Berita Klaten Hari Ini

Terkait Kelanjutan Pembangunan Pasar Gede, Bupati Klaten Sri Mulyani : Insyallah Dimulai Tahun Depan

Pedagang yang saat ini direlokasi ke Pasar Darurat di Jalan Kopral Sayom, Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara diminta sabar menunggu.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Bupati Klaten Sri Mulyani saat Tribunjogja.com temui di Desa Semangkak, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Kamis (30/12/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan jika proyek pembangunan pasar tiga lantai atau yang juga disebut dengan nama Pasar Gede di Kelurahan Kabupaten, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, akan mulai dibangun tahun 2022 mendatang.

Mulyani pun kemudian meminta para pedagang yang saat ini direlokasi ke Pasar Darurat yang berlokasi di Jalan Kopral Sayom, Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara untuk sabar menunggu proses pengerjaannya.

"Insyallah tahun 2022 akan dimulai pembangunannya. Memang rencananya tidak selesai dalam satu tahun anggaran, itu multi years," ujar Sri Mulyani saat Tribunjogja.com temui di Desa Semangkak, Kecamatan Klaten Utara, Kamis (30/12/2021).

Baca juga: Bupati Klaten Sri Mulyani Lantik 173 Pejabat Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional

Menurut Sri Mulyani, nilai proyek pembangunan Pasar Gede tersebut sekitar Rp 100 miliar dan menggunakan anggaran pendapatan belanja negara (APBN) melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

"Itu nilainya sekitar Rp 100 miliar, jadi tidak bisa dibangun dalam satu tahun dan harus bertahap," ucap Sri Mulyani.

Ia mengakui jika pembangunan Pasar Gede itu mundur dari rencana awal. Hal itu karena adanya pandemi Covid-19 sehingga anggaran yang telah ditetapkan kena refocusing di kementerian.

"Memang agak mundur, harusnya mulai tahapan pembangunan itu mulai tahun 2021 tapi karena melihat anggaran negara ya, kemarin kita banyak kena refocusing untuk difokuskan ke covid ya kami manut saja sama pemerintah pusat," ucap Sri Mulyani.

Kemudian, lanjut Mulyani, jika pembangunan Pasar Gede tersebut diselesaikan dalam janga waktu multi years, maka kemungkinan besar pedagang bakal bisa menempati pasar tersebut pada akhir tahun 2023.

Baca juga: Pemkab Klaten Lakukan Tes Swab Antigen Acak saat Libur Nataru

"Pedagang menempati tahun 2023 akhir mungkin ya. Kemarin saya pesan ke Pak Tajudin Asisten II yang ikut rapat itu, yang penting itu desainnnya yang penting pro dengan pedagang karena itu pasar tradisional yang akan dibangun secara modern" ungkap Mulyani.

Seorang warga, Sunarmi (43) berharap Pasar Gede tersebut benar-benar dimulai pembangunannya pada tahun 2022 mendatang.

"Mudah-mudahan segera terealisasi ya. Saya sudah lama menunggu-nunggu agar bisa belanja di pasar itu lagi dengan suasana yang lebih nyaman dan aman," urainya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved