Breaking News:

Berita Klaten Hari Ini

Bupati Klaten Sri Mulyani Lantik 173 Pejabat Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional

Bupati Klaten Sri Mulyani mengangkat sebanyak 173 pejabat administrasi eselon III dan IV di lingkungan Pemkab Klaten.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Almurfi Syofyan
Suasana pelantikan dan pengambilan sumpah janji pejabat yang diangkat ke dalam jabatan fungsional melalui mekanisme penyetaraan jabatan, Rabu (29/12/2021) di Pendopo Pemkab Klaten. 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Bupati Klaten Sri Mulyani mengangkat sebanyak 173 pejabat administrasi eselon III dan IV di lingkungan Pemkab Klaten.

Para pejabat itu dilantik dan diambil sumpah janjinya untuk diangkat ke dalam jabatan fungsional melalui mekanisme penyetaraan jabatan, Rabu (29/12/2021) di Pendopo Pemkab Klaten.

Pengangkatan itu, telah sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Klaten Nomor 821.2.4/0802/29, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Administrasi Ke Dalam Jabatan Fungsional Melalui Mekanisme Penyetaraan Jabatan Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Klaten.

Baca juga: Bacaan Niat Sholat Dhuha Beserta Batas Waktu Pelaksanaannya

Bupati Klaten Sri Mulyani menyampaikan, melalui penyederhanaan jabatan ini diharapkan mampu mengubah kultur birokrasi Kabupaten Klaten menjadi lebih baik.

Memiliki motivasi tinggi meningkatkan keterampilan, kompetensi, serta kinerja. Sekaligus memiliki peluang mengembangkan ide kreatif dan jenjang karier.

Menurutnya, pejabat struktural maupuan fungsional sama sebagai pejabat, hanya basisnya yang berbeda. Fungsional berbasis kompetensi sedangkan struktural berbasis manajerial.

"Manfaatkan peluang ini dengan baik. Jadikan transformasi ini kearah positif dan perubahan mental yang kompeten," papar Mulyani.

Ditegaskannya, sesuai arahan Presiden, peralihan ini tidak akan mengurangi penghasilan. Kelas jabatan ditetapkan sama dengan sebelumnya.

"Untuk itu tetap bekerja dengan penuh semangat, bekerja fokus dan lurus. Mari kita bersatu, berkomunikasi, dan berkoordinasi demi kebaikan Klaten ke depan," tandasnya.

Sementara itu PLT Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Klaten, Slamet ditemui usai pelantikan menjelaskan, terdapat 2 pejabat eselon III Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), dan sisanya 171 pejabat eselon IV, tersebar di seluruh OPD Pemkab Klaten beralih menjadi pejabat fungsional.

Baca juga: Binda DI Yogyakarta Kebut Vaksinasi Anak Agar Semua Siswa Bisa Sekolah Tatap Muka

Selain itu ada pengecualian bagi Sekretariat Badan dan Dinas, termasuk Kecamatan, yang tidak terdapat penyetaraan jabatan fungsional.

"(Terkait) penilaian fungsional, (nanti) ada aturan dari instansi pembina jabatan fungsional. Kita masih menunggu keputusan dari pejabat atau pembina instansi masing-masing," ungkap dia. (Mur)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved