Breaking News:

Berita Kabupaten Magelang Hari Ini

Tiga Kecamatan di Magelang Diterjang Angin Puting Beliung

Angin puting beliung disertai hujan deras menerjang tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Magelang, pada Senin (27/12/2021).

Dokumentasi BPBD Magelang
Pohon di Dusun Kalisari, Tegalrejo, Magelang tumbang dampak puting beliung, Senin (27/12/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Angin puting beliung disertai hujan deras menerjang tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Magelang, pada Senin (27/12/2021).

Akibatnya, beberapa rumah warga rusak hingga pohon bertumbangan.

Adapun, kejadian angin puting beliung di Kecamatan Windusari terjadi di dua lokasi yakni, Dusun Gunungsari dan Cangal wilayah perbatasan Magelang- Temanggung.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magelang, Mhd Muzamil mengatakan, untuk lokasi kejadian di Kecamatan Windusari membuat 31 rumah warga rusak serta 1 pohon tumbang.

Baca juga: Tebing Longsor Akibat Hujan Deras, Tutupi Jalan Alternatif Pakis-Grabag Magelang

"Hampir 95 persen, rumah yang rusak pada bagian genteng, tersapu kencangnya angin. Bahkan, tadi satu atap rumah milik warga yang memakai material baja ringan terbang karena tidak kuat menahan. Serta, satu pohon cengkeh tumbang dan mengenai atap rumah warga. Syukurnya, tidak ada korban jiwa,"ujarnya kepada Tribunjogja.com, pada Senin (27/12/2021).

Ia menambahkan, terjadinya angin puting beliung di Kecamatan Windusari bukan pertama kali terjadi.

Karena, sebelumnya lokasi tersebut pun sudah pernah terkena dampak angin puting beliung.

Berdasarkan pendataan BPBD Magelang sepanjang 2021 tercatat sudah terjadi sebanyak 200 bencana baik dari tanah longsor, banjir, hingga angin puting beliung.

"Kejadian (puting beliung) sudah tiga atau empat kali terjadi di sini (Kecamatan Windusari). Karena, memang kriteria angin puting beliung akan melewati tempat yang sama. Memang, tadi sudah ada perkiraan akan terjadi angin puting beliung. Karena, cuaca yang berubah drastis, dari cuaca panas seketika  menjadi hujan deras. Biasanya, fenomena seperti ini, tanda-tanda terjadi angin puting beliung, namun belum bisa ditentukan lokasinya di mana. Tetapi, petugas  sudah disiagakan di lokasi yang rentan," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved