Breaking News:

Aturan Main Baru Kartu Identitas Anak, Mengapa Dibutuhkan? Begini Cara Mengurusnya

Anak-anak kini bakal memiliki kartu identitas layaknya KTP. Aturan main baru anak harus memilikinya demi pendataan dan perlindungan.

Editor: ribut raharjo
TRIBUNJOGJA.COM / Ikrar Gilang
Ilustrasi pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) 

TRIBUNJOGJA.COM - Anak-anak kini bakal memiliki kartu identitas layaknya KTP. Aturan main baru anak harus memiliki kartu identitas anak ini demi pendataan dan perlindungan.

Jadi, setiap anak Indonesia itu harus memiliki kartu identitas anak sebagai tanda pengenal. Ini layaknya kartu tanda penduduk (KTP) bagi orang dewasa.

Aturan main kartu identitas anak diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak.

Di dalam Pasal 2 Permendagri itu disebutkan tujuan adanya kartu identitas anak yakni untuk meningkatkan pendataan, perlindungan, dan pelayanan publik, serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

Adapun kepemilikian kartu identitas anak dibutuhkan untuk pendaftaran sekolah anak, membuka tabungan, hingga proses pendaftaran jaminan kesehatan BPJS.


Dalam Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 juga disebutkan ada dua jenis kartu identitas anak yang diterbitkan yakni untuk anak usia 0-5 tahun dan 5-17 tahun.

Dengan demikian, masyarakat yang memiliki balita sudah bisa melakukan proses pembuatan kartu identitas anak.

Kartu identitas anak berlaku dari lahir hingga waktunya anak berkewajiban membuat dan memiliki KTP.

Kartu identitas anak wajib dimiliki setiap anak agar bisa mengakses pelayanan publik secara mandiri.

Berikut tata cara membuat kartu identitas anak

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved