Breaking News:

Sebanyak 320 Perempuan Pelaku UMKM Ikuti Kampanye Literasi Keuangan Ibu Berbagi Bijak

Sebanyak 320  perempuan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Yogyakarta dan Jawa Tengah mengikuti kampanye literasi keuangan

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
istimewa
Virtual Expo Ibu Berbagi Bijak 2021 berikan literasi keuangan untuk 320 perempuan pelaku UMKM di Yogyakarta dan Jawa Tengah 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Sebanyak 320  perempuan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Yogyakarta dan Jawa Tengah mengikuti kampanye literasi keuangan #IbuBerbagiBijak 2021 dan pameran perluas jaringan.

Kampanye tersebut diinisiasi oleh Visa, platform pembayaran digital global yang diselenggarakan secara daring maupun luring sejak Sabtu (18/12/2021).

Expo tersebut merupakan penutup acara kampanye #IbuBerbagiBijak 2021, yang telah mendapat dukungan dari Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan pemerintah daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Penyelenggaraan memang untuk membekali para perempuan pelaku UMKM dengan keterampilan manajemen keuangan dasar, serta mendorong ketahanan dan pemulihan bisnis mereka di masa penuh tantangan ini.

Baca juga: Cerita Stevi Owner Jims Honey di Sleman, Sempat Jualan di Pasar Sunmor UGM Sebelum Bangun Toko

Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman mengatakan pihaknya mendukung pelaku UMKM menghadapi berbagai tantangan ekonomi yang berat di tengah pandemi. 

“Tahun ini kami juga menghadirkan kelas mentoring dan networking untuk membantu mereka tetap berkembang di tengah era new normal dan menjadi pengusaha yang lebih mumpuni. Kami berharap program tahun ini dapat menjadi model yang dapat kami perluas lagi di tahun selanjutnya, di berbagai wilayah di Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat (24/12/2021).

Dia mengatakan, hampir semua usaha mikro di Indonesia telah mengalami penurunan pendapatan akibat pandemi dengan penurunan laba mencapai 89 %.

Perempuan, secara khusus, menjadi kelompok masyarakat yang paling terdampak dan cenderung berisiko kehilangan pekerjaan selama pandemi.

CEO Maxi Consulting Ardhi Setyo Putranto menambahkan, pihaknya merasa terhormat diberikan kesempatan bekerja sama dengan Visa dalam meningkatkan keterampilan pelaku UMKM perempuan di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved