Breaking News:

Penghapusan Premium dan Pertalite

Pertalite dan Premium Bakal Dihapus, Ketahui Faktanya Berikut Ini

pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memang telah mengemukakan kembali rencana penghapusan BBM jenis premium dan pertalite

Editor: Mona Kriesdinar
istimewa
Ilustrasi masyarakat membeli produk Pertamax di SPBU 

TRIBUNJOGJA.COM - Anda mungkin juga bertanya-tanya, apakah bensin pertalite dan premium akan dihapuskan? Pertanyaan itu muncul menyusul adanya kabar akan adanya penghapusan tersebut. Benarkah demikian?

Faktanya, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memang telah mengemukakan kembali rencana penghapusan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium atau RON 88.

Kemudian, bensin premium akan diganti dengan bensin pertalite atau RON 90 selama masa transisi.

Akan tetapi, bensin pertalite pun nantinya juga akan dihapus begitu masa transisi itu selesai.

Dengan adanya penghapusan bensin pertalite dan bensin premium, maka hanya akan ada bensin dengan kadar oktan (Research Octane Number/RON) di atas 91 yang dinilai lebih ramah lingkungan seperti Pertamax.

"Kita memasuki masa transisi di mana premium RON 88 akan digantikan dengan Pertalite RON 90, sebelum akhirnya kita akan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan," kata Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Soerjaningsih dikutip dari Antara, Kamis (23/12/2021).

Soerja menginformasikan bahwa premium RON 88 saat ini hanya digunakan oleh tujuh negara saja.

Volume yang digunakan pun sangat kecil karena kesadaran masyarakat menggunakan bahan bakar minyak dengan kualitas yang lebih baik menjadi salah satu penyebabnya.

Lebih lanjut Soerja mengungkapkan pemerintah sedang menyusun peta jalan (roadmap) bahan bakar minyak ramah lingkungan di mana Premium dihapus, dan nantinya Pertalite juga akan digantikan dengan bahan bakar yang kualitasnya lebih baik.

"Dengan roadmap ini, ada tata waktu di mana nantinya kita akan menggunakan BBM ramah lingkungan. Ada masa di mana Pertalite harus dry, harus shifting dari Pertalite ke Pertamax," ujarnya.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved