Breaking News:

Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 di Klaten Dimulai Besok Kamis dari Kecamatan Ngawen

Bupati Klaten Sri Mulyani memastikan jika pencanangan vaksin anak usia 6-11 tahun di daerah yang ia pimpin akan dimulai pada Kamis (23/12/2021).

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Almurfi Syofyan
Bupati Klaten Sri Mulyani saat ditemui di Pendopo Setda Klaten, Rabu (22/12/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Bupati Klaten Sri Mulyani memastikan jika pencanangan vaksin anak usia 6-11 tahun di daerah yang ia pimpin akan dimulai pada Kamis (23/12/2021).

Ia pun telah meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten untuk melakukan pendataan dan persiapan menjelang dilakukannya pencanangan vaksin anak tersebut.

"Vaksinasi anak besok akan saya canangkan dan akan dimulai, karena kemarin saya sudah rapat dengan dinas kesehatan. Itu saya perintah segera dimulai," ucap Mulyani saat TribunJogja.com temui di Pendopo Setda Klaten, Rabu (22/12/2021).

Baca juga: Pemkab Magelang Serahkan Bulan Dana PMI Tahun 2021 Senilai Rp 1 Miliar Lebih 

Mulyani menegaskan, meski peserta didik saat ini sedang menjalani libur sekolah namun vaksin untuk anak usia 6-11 di Kabupaten Bersinar akan tetap dilakukan guna memunculkan kekebalan anak-anak terhadap ancaman Covid-19.

"Anak-anak kan sedang libur, besok akan tetap kita mulai pencanangannya," imbuh Mulyani.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Klaten, Anggit Budiarto menambahkan jika lokasi pencanangan vaksin anak di Klaten akan dimulai di Kecamatan Ngawen.

"Iya besok itu rencana ada pencanangan vaksin anak di Klaten. Kemungkinan besok itu ibu Bulati rawuh. Hari ini saya sedang koordinais dengan Muspika Ngawen terkait teknis," jelasnya.

Diakui Anggit, sasaran vaksinasi anak di salah satu SD di Ngawen pada Kamis (23/12/2021) bakal dilakukan sebanyak 300 siswa.

"Sebenarnya itu ada 500 anak di sekolah itu tapi untuk besok baru akan dilakukan vaksin bagi 300 anak saja," ungkapnya.

Menurut dia, secara total di Kabupaten Klaten jumlah target vaksin anak usia 6-11 tahun sebanyak 108.000 anak. Adapun pelaksanaan vaksin bisa dilakukan di sekolah-sekolah karena mengingat surat edaran yang ada.

Baca juga: UPDATE Covid-19 DI Yogyakarta 22 Desember 2021: Tambah 3 Kasus Baru, Nihil Pasien Meninggal

"Besok kita pakai sinovac. Kita sudah punya 44 ribu dosis dan itu kita gunakan untuk dosis satu dan dua," jelasnya.

Anggit menjelaskan, jika dalam sehari pihaknya bisa memvaksin 15 ribu hingga 20 ribu anak, maka dalam rentang waktu satu minggu vaksin anak di Klaten bisa selesai dilakukan.

"Tapi kita harus lihat komponen lainnya seperti logistik vaksin dan vaksinator. Tapi saya optimis bisa rampung," paparnya. (Mur)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved