Breaking News:

Berita Klaten Hari Ini

Tak Hanya Ditutup, Lampu Alun-alun Klaten juga Dimatikan Saat Tahun Baru

Pemadaman lampu di Alun-alun tersebut sebagai upaya untuk mencegah munculnya keramaian yang berpotensi menjadi sumber penularan virus Covid-19.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Kepala Satpol PP Klaten, Joko Hendrawan 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Jawa Tengah tidak hanya akan menutup Alun-alun Klaten saat malam tahun baru 2022, namun lampu penerang jalan di alun-alun itu juga akan dimatikan selama dua malam berturut-turut.

Pemadaman lampu di Alun-alun tersebut sebagai upaya untuk mencegah munculnya keramaian yang berpotensi menjadi sumber penularan virus Covid-19.

"Terkait tahun baru ada penutupan tempat-tempat umum seperti alun-alun dan taman lampion. Penutupannya 2x24 jam," ujar Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Klaten, Joko Hendrawan saat Tribunjogja.com temui di Setda Klaten, Rabu (22/12/2021).

Baca juga: Jelang Natal 2021, Jumlah Penumpang Turun di Terminal Ir Soekarno Klaten Mulai Meningkat

Menurutnya, penutupan Alun-alun Klaten akan dimulai sejak tanggal 31 Desember 2021 pagi hingga 2 Januari 2022 pagi.

Pemkab Klaten pun mengaku telah melakukan koordinasi dengan para pedagang yang biasa berjualan di Alun-alun Klaten itu.

"Pertimbangannya menutup dari pagi itu karena kalau mulai sore baru akan ditutup maka itu akan susah karena pengunjung tentu sudah ramai," jelasnya.

Ia menjelaskan, nantinya di Alun-alun Klaten juga akan dibuat posko Natal dan tahun baru untuk mengurai kerumunan di pusat Kota Klaten itu.

Adapun terkait pemadaman lampu saat malam tahun baru, Joko menjelaskan jika nantinya lampu di Alun-alun Klaten juga akan dimatikan.

Baca juga: Puluhan Pengungsi Banjir Carikan Klaten Masih Bertahan di Balai Desa

"Pemadaman lampu untuk sementara baru akan dilakukan di Alun-alun Klaten. Nantinya itu juga pemasangan barikade agar steril dari pengunjung dan pedagang," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Klaten Supriyono mengatakan menjelang perayaan Natal dan malam pergantian tahun baru 2022, Pemerintah Kabupaten Klaten menyiapkan empat titik posko keamanan di lokasi strategis.

Adapun empat lokasi itu terletak di Prambanan, Alun-Alun Kota Klaten, Delanggu dan Jatinom.

"Kami sudah kordinasi dan bekerja sama dengan jajaran keamanan terkait mulai TNI, Polri, Satpol PP termasuk jajaran keamanan lainnya. Kami akan terjunkan 100 lebih personil dari jajaran Dinas Pehubungan. Diharapkan menjelang perayaan natal dan tahun baru 2022, semua berjalan aman dan tertib," jelasnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved