Breaking News:

Berita Klaten Hari Ini

Pemkab Klaten Lakukan Tes Swab Antigen Acak saat Libur Nataru

Jika terdapat pengendara yang terkonfirmasi positif Covid-19 bakal didorong untuk melakukan isolasi terpusat (isoter) di tiga tempat yang disediakan.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Satuan Tugas Penanganan Pengendalian Covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah bakal melakukan tes swab antigen acak bagi pengendara yang melintas di daerahnya.

Nantinya, jika terdapat pengendara yang terkonfirmasi positif Covid-19 bakal didorong untuk melakukan isolasi terpusat (isoter) di tiga tempat yang disediakan yakni di isoter Gor Gelarsena, Panti Semedi dan Edotel.

"Nanti kalau ada yang ternyata positif kita sudah siapkan tiga tempat untuk mereka isolasi terpusat. Ini untuk memastikan penanganan Covid-19 tetap berjalan," ujar Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya saat TribunJogja.com temui di Setda Klaten, Rabu (22/12/2021).

Menurut dia, pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi (rakor) dengan stakeholder terkait persiapan pengamanan masa libur Natal dan tahun baru 2022.

Baca juga: Pemkab Klaten Minta Warga Patuhi Prokes dan Tidak Panik dengan Varian Omicron

"Harapan kami dengan adanya koordinasi ini bisa tercipta kondisi yang kondusif dan libur akhir tahun ini tidak terjadi ledakan Covid-19 akibat munculnya klaster," jelasnya.

Kata dia, beberapa ruas jalan menjelang masuknya pusat Kota Klaten bakal ditutup saat malam tahun baru.

Penutupan dimulai dari depan masjid Al-Aqsha dan depan RSST Klaten.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Klaten, AKP Muhammad Fadlan menyebut saat Natal dan tahun baru tidak akan dilakukan penyekatan diperbatasan Klaten, Jawa Tengah dengan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Sampai hari ini tidak ada atau belum ada perintah penyekatan di perbasatan ya. Yang ada itu nanti random sampling antigen bagi pengendara yang melintas," ucapnya.

Baca juga: Jelang Natal 2021, Jumlah Penumpang Turun di Terminal Ir Soekarno Klaten Mulai Meningkat

Ia mengatakan, pada Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 ini, Polres Klaten bakal menyiapkan 4 posko pengamanan yang masing-masingnya berada di Pramban, Alun-alun Klaten, Delanggu dan Jatinom.

"Semua pos pam ini nantinya juga akan ada random sampling dan vaksin di tempat ya. Besok kota akan apel gelar pasukan untuk memulai kegiatan itu," jelasnya.

Namun jelas dia, saat pengambilan sampel tes swab antigen secara acak bakal dilakukan tanpa menimbulkan kemacetan di sekitar pos pengamanan.

"Nanti tidak ada kemacetan saat tes acak dilakukan. Ini kan dimulai pada 24 Desember hingga 2 Januari," paparnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved