Liga 2 2021

Laga Krusial PSIM Yogyakarta Vs Sulut United: Laskar Mataram Maksimalkan Singkatnya Waktu Recovery

Jarak antar pertandingan yang cukup singkat, menurut Seto memang di luar kebiasaan dalam kondisi kompetisi yang normal.

Dok PSIM
Selebrasi Yudha Alkanza usai mencetak gol ke gawang Persijap Jepara pada laga pamungkas Grup C Liga 2 2021/22 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (30/11/2021). (Dok PSIM) 

TRIBUNJOGJA.COM - PSIM Yogyakarta hanya memiliki waktu dua hari untuk mempersiapkan tim menghadapi laga krusial kontra Sulut United pada matchday pamungkas Grup Y babak 8 besar Liga 2 2021/22 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kamis (23/12/2021) mendatang.

Kemenangan tak bisa ditawar bagi tim asuhan Seto Nurdiyantoro saat menghadapi Sulut United.

Sebab, koleksi 5 poin sudah cukup bagi Sugeng Efendi dan kolega, untuk memastikan satu tempat di babak semifinal, baik sebagai runner up atau pemuncak grup nantinya.

Sedangkan bagi Sulut United, hasil imbang sudah cukup mengantar mereka lolos ke semifinal, asalkan dipertandingan lainnya PSMS Medan tidak menang dari Dewa United.

"Untuk ke depannya peluang kami memang kecil, tapi masih ada. Pada kesempatan terakhir, memang semua tim masih mempunyai kesempatan yang sama untuk lolos ke babak berikutnya," ujar pelatih PSIM Yogyakarta, Seto Nurdiyantoro.

Jarak antar pertandingan yang cukup singkat, menurut Seto memang di luar kebiasaan dalam kondisi kompetisi yang normal.

"Sejak awal karena kita belum pernah dalam dua hari kita langsung main lagi, tapi ya ini lah kalau kompetisi dengan sistem home tournament, risikonya pasti ada," jelasnya.

"Kita akan coba evaluasi dari pertandingan ini, dengan recovery yang cukup singkat harapannya kita bisa perbaiki kebugaran pemain, memperbaiki cara bermain dan kondisi fisik," imbuhnya.

Seto Nurdiyantoro mengakui, para pemainnya dalam kondisi tidak prima saat menuai hasil imbang tanpa gol lawan PSMS Medan di laga kedua babak 8 besar, Senin (20/12/2021).

Baca juga: Hitung-hitungan Peluang PSIM Yogyakarta Lolos ke Semifinal Liga 2 2021/22

Baca juga: Seto Nurdiyantoro Beberkan Penyebab Pemain PSIM Yogyakarta Under Perform Lawan PSMS Medan

"Ada beberapa pemain yang tidak dalam kondisi sehat, lebih karena kurang fit, bukan cedera. Dari awal hampir semua pemain sedang tidak dalam peak performnya," ujar Seto.

Menurut pelatih asal Kalasan, Sleman ini para pemainnya mendapat tekanan yang cukup besar di balik keinginan untuk memenangkan laga pada malam hari ini.

Seperti diketahui, PSIM Yogyakarta memang belum meraih kemenangan, untuk itu menang jadi hal wajib jika ingin melaju ke babak semifinal.

"Yang utama memang kondisi fisik kami, keliatan dari beberapa kualitas passing, akurasi, kontrol, hampir semuanya hilang. Kedua ada beban tersendiri dari pemain ingin memenangkan pertandingan cukup tinggi, tapi situasi saat ini dalam tekanan cukup besar. Ini yang akan kita kelola dan berikan treatment di situ, tapi apapun itu pemain telah berjuang dan mencoba berperang dengan dirinya sendiri untuk melawan kekhawatiran dan nervous itu," bebernya.

Soal kekuatan calon lawan, Seto menilai Sulut United merupakan tim yang kuat. Bahkan, pada uji tanding pre season kedua tim Juni 2021 lalu, PSIM dipaksa mengakui keunggulan Sulut United dengan skor 1-4.

"Harapannya di pertandingan resmi nanti, pemain tidak ada beban, tidak ada kekhawatiran, bisa tampil lepas. Sekecil apapun peluang, tetap ada. Kami tetap yakin dan optimis, hasil terbaik akan datang buat kita," ujar Seto.

Sementara mengenai absennya juru taktik Sulut United, Ricky Nelson lantaran di pertandingan sebelumnya menerima kartu merah dari wasit, Seto menilai hal tersebut tak akan memberikan pengaruh besar.

"Tidak hadirnya Coach Ricky Nelson saya pikir tidak akan membawa dampak yang begitu besar karena saya yakin di pertandingan sudah disiapkan treatment-treatment-nya, artinya bukan sekadar beliau di lapangan tapi cara bermain mereka pasti juga sudah dipersiapkan," pungkasnya. (TRIBUNJOGJA.COM/ HAN) 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persib
    20
    13
    3
    4
    35
    25
    8
    42
    2
    Persija Jakarta
    21
    12
    5
    4
    28
    11
    11
    41
    3
    PSM Makasar
    21
    11
    8
    2
    38
    8
    21
    41
    4
    Madura United
    22
    11
    4
    7
    27
    14
    6
    37
    5
    Borneo
    20
    10
    6
    4
    36
    18
    16
    36
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved