Berita Bisnis Terkini

Jelang Nataru, Harga Sejumlah Komoditas Bahan Pokok di Kulon Progo Naik

Harga sejumlah bahan pokok di beberapa pasar tradisional di Kulon Progo merangkak naik menjelang momen natal 2021 dan tahun baru 2022 (nataru).

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Gaya Lufityanti
Tribun Bali
Ilustrasi Cabai Rawit 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Harga sejumlah bahan pokok di beberapa pasar tradisional di Kulon Progo merangkak naik menjelang momen natal 2021 dan tahun baru 2022 (nataru).

Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga di antaranya minyak goreng, telur ayam ras dan cabai. 

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kulon Progo melakukan peninjauan rutin di enam pasar tradisional di antaranya Pasar Wates, Bendungan, Sentolo, Galur, Temon dan Nanggulan. 

Dalam pemantauannya, harga minyak goreng kemasan yang semula Rp 18.250 per liter naik menjadi Rp 20.750 per liter dan harga minyak goreng curah dari Rp 17.500 per liter menjadi Rp 19.500 per liter. 

Kemudian telur ayam ras dari harga Rp 19.667 per kilogram menjadi Rp 24.333 per kilogram. 

Baca juga: Dampingi Pelaku Usaha Kuliner, Dinpar Kulon Progo Gelar Food Menoreh Festival

Serta cabai merah keriting dari harga Rp 22.167 per kilogram menjadi Rp 39.667 per kilogram, cabai rawit hijau dari harga Rp 20.167 per kilogram menjadi Rp 56.333 per kilogram dan cabai rawit merah dari harga Rp 17.500 per kilogram menjadi Rp 75.000 per kilogram. 

"Kenaikan harga beberapa komoditas itu disebabkan karena dampak naiknya harga CPO (crude palm oil) dunia dan program pemerintah tentang biodiesel B30 yang membutuhkan CPO juga. Kalau cabai karena berkurangnya pasokan dari daerah penghasil. Telur ayam ras kenaikan yang terjadi sebenarnya dalam proses kembali ke harga normal karena pada Oktober-November sempat jatuh harganya," kata Sudarna, Kepala Disdagin Kabupaten Kulon Progo, Senin (20/12/2021). 

Sedangkan harga komoditas beras, gula pasir, daging sapi, daging ayam, telur ayam kampung, bawang merah dan bawang putih terpantau stabil.

Kendati demikian, ia memastikan ketersedian stok komoditas tersebut cukup aman. 

"Untuk stok terpantau cukup aman baik di gudang Bulog maupun ditingkat pedagang," ucapnya. ( Tribunjogja.com

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved