Selama Nataru, Dishub Kota Magelang Terapkan Tes Antigen bagi Penumpang Angkutan Umum Jarak Jauh 

Selama Nataru, Dishub Kota Magelang Terapkan Tes Antigen bagi Penumpang Angkutan Umum Jarak Jauh 

Shutterstock
Ilustrasi alat tes Covid-19 

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang akan menerapkan aturan pemberlakukan tes antigen pada pelaku perjalanan jarak jauh yang menggunakan transportasi umum  selama libur Natal 2021 dan tahun baru 2022.

Kepala Dishub Kota Magelang, Candra Wijatmiko Adi menuturkan peraturan tersebut disesuaikan dengan Permenhub Nomor 109 Tahun 2021.

Di mana, dalam beleid tersebut, selain menunjukkan tes antigen pelaku perjalanan juga diwajibkan memperoleh vaksin lengkap.

"Penumpang jarak jauh yang dimaksud yakni yang melakukan perjalanan antar provinsi. Atau perjalanan yang berjarak sekitar 200 kilometer dengan waktu perjalanan kira-kira 4 jam. Ini, kami masih berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan apakah akan ada alokasi antigen yang akan dibuat di terminal-terminal. Kalaupun, nanti tidak ada dari Dinkes, kami akan tetap bekerja sam dengan lab-lab penyedia tes antigen,"ujarnya pada Minggu (18/12/2021). 

Baca juga: Satpol PP DIY Minta Kelompok Jaga Warga Awasi Pendatang Selama Libur Nataru

Ia menambahkan, selama periode nataru, operasional transportasi umum tidak ada pengurangan  jumlah.

Namun, akan dilakukan pembatasan penumpang untuk mengurangi kontak fisik selama dalam perjalanan.

"Jadi, selama nataru transportasi umum baik, angkot, AKAP, dan AKDP tetap beroperasi seperti biasa, tidak ada pengurangan. Hanya saja, kapasitas yang diperbolehkan sebanyak 75 persen,"ungkapnya.

Selanjutnya,  ia juga meminta agar operator transportasi melakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan di dalam kendaraan umum  setelah melakukan perjalanan.

Serta, penumpang pun harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi selama bepergian.

"Selain itu, sarana dan prasana untuk nataru seperti water barrier juga sudah dipersiapkan. Nantinya, akan dibuat di lokasi rawan kemacetan seperti daerah alun-alun dan Simpang Trio. Tentunya, kami nanti (saat nataru akan lebih banyak berkaitan dengan mengatur lalu lintas,"urainya. (Tribunjogja)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved