DPW Partai Ummat Soroti Tingginya Angka Kemiskinan dan Ketimpangan Gini Ratio di DIY

Dalam kesempatan itu, parpol yang diprakarsai Amien Rais tersebut mewacanakan halauannya sebagai oposisi Pemerintah Daerah DIY. 

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Hari Susmayanti
Tribun Jogja/Azka Ramadhan
Ketua Umum DPP Partai Ummat Ridho Rahmadi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Susunan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah(DPW) Partai Ummat DI Yogyakarta resmi dikukuhkan, Minggu (19/12/2021) sore.

Dalam kesempatan itu, parpol yang diprakarsai Amien Rais tersebut mewacanakan halauannya sebagai oposisi Pemerintah Daerah DIY. 

Ketua Umum DPP Partai Ummat, Ridho Rahmadi mengatakan jajaran pengurus masih membahas sikap partai tersebut.

Namun, ia menyampaikan, Partai Ummat siap pasang badan, untuk kesejahteraan masyarakat Yogyakarta. 

"Belum final, ini masih diskusi yang cair. Tapi, insyaallah kita menuju ke sana," tandas Ridho. 

Sementara, Ketua DPW Partai Ummat DIY, Dwi Kuswantoro menandaskan, pihaknya harus bersikap, dan menjadi oposisi bagi pemerintah daerah, ketika kesejahteraan bagi warga masyarakatnya tidak kunjung terwujud hingga kini. 

"Dana keistimewaan kita (DIY) Rp1,3 triliun. Tetapi, angka kemiskinan turunnya sangat sedikit. Apalagi, gini ratio kita, atau ketimpangannya, sangat tinggi, selalu naik, nggak pernah turun itu," urainya. 

Baca juga: Pengurus Partai Ummat di DIY Siap Dikukuhkan, Diisi Jebolan Parpol Islam Lain 

Berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS) per Maret 2021, ketimpangan di DIY tercatat sudah menyentuh 0,441. Angka tersebut, menunjukkan kenaikan 0,004 poin, dibandingkan September 2020 yang sebesar 0,437. 

"Artinya, itu jadi persoalan. Kita dapat gelontoran dana dari pusat. Tapi, dampaknya untuk kesejahteraan warga masih sangat minim, sampai sejauh ini," kata Kuswantoro. 

Lebih lanjut, setelah resmi dikukuhkan, pihaknya pun siap tancap gas untuk menyusun langkah-langkah pemenangan partai jelang Pemilu 2024 mendatang.

Menurutnya, Partai Ummat punya target cukup tinggi, terutama di DIY. 

"Harapan kami untuk Pemilu 2024 bisa mendapat kursi di semua Dapil (daerah pemilihan), baik kabupaten, maupun kota tentunya, di seluruh Yogyakarta," ungkapnya. 

"Kemudian, untuk DPR RI, target kita bisa setidaknya satu kursi dari DIY. Kalau calonnya, nanti lah, pelan-pelan, masih jauh, belum saatnya," pungkas Kuswantoro. (Tribunjogja)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved