Breaking News:

Asal Usul Temuan Kasus Varian Omicron Masuk Indonesia

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengonfirmasi kasus virus corona (Covid-19) varian omicron perdana di Indonesia.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Iwan Al Khasni
Oli SCARFF / AFP
Botol-botol vaksin Pfizer Covid-19 diletakkan di atas meja di klinik vaksinasi yang didirikan di Gereja St Columba di Sheffield pada 15 Desember 2021 saat Inggris meningkatkan dorongan negara itu untuk melawan "gelombang pasang" Omicron. 

Tribunjogja.com Jakarta -- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengonfirmasi kasus virus corona (Covid-19) varian omicron perdana di Indonesia. Data kasus tersebut telah dikonfirmasi dan diterima 15 Desember 2021.

Terdapat tiga pasien positif Covid-19 yang diperiksa dan satu di antaranya terkonfirmasi varian omicron. Pasien positif varian omicron tersebut disampaikan Budi tak mengalami gejala. Setelah pemeriksaan kedua pun pasien telah mendapat hasil negatif.

"Ketiga pasien ini ada di karantina di Wisma Atlet dan tanpa gejala. Mereka juga sudah diambil hasil PCR keduanya dan hasil PCR-nya semuanya negatif," ujar Budi saat konferensi pers, Kamis (16/12/2021).

Pasien pertama varian omicron tersebut diketahui bekerja sebagai petugas kebersihan di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet. Ia diketahui positif Covid-19 pada pemeriksaan rutin tanggal 8 Desember 2021.

Selain satu kasus yang telah terkonfirmasi, pemerintah mengungkapkan 5 kasus kemungkinan varian Omicron lainnya. Dua kasus di antaranya sedang melakukan karantina di Wisma Atlet.

"Di luar pasien yg sudah terkonfirmasi positif ini, Kemenkes juga mendeteksi 5 kasus probable omicron," ungkap Budi.

Dua kasus yang berada di Wisma Atlet merupakan Warga Negara Indonesia yang baru kembali dari Amerika Serikat dan Inggris. Sementara tiga lainnya merupakan Warga Negara Asing asal China yang berkunjung ke Manado. Ketiganya saat ini tengah melakukan karantina di Manado.

Pemulihan Ekonomi

Pemerintah melalui Menteri Keuangan mewaspadai efek varian baru omicron terhadap pemulihan ekonomi di Indonesia.

Apalagi saat ini pemerintah Indonesia menjaga momentum pemulihan ekonomi seiring ancaman gelombang baru Covid-19.

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved