Breaking News:

Sebanyak 142 Kepala SD dan SMP di Kabupaten Magelang Dilantik

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang melantik 142 kepala sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) yang terdiri dari 125 kepala tingkat

Dok Pemkab Magelang
Bupati Magelang Zaenal Arifin saat melantik perwakilan Kepala Sekolah di Rumah Dinas Bupati Magelang, Rabu (15/12/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang melantik 142 kepala sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) yang terdiri dari 125 kepala tingkat SD dan 17 kepala tingkat SMP.

 "Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang standar Kepala Sekolah/Madrasah. Sosok seorang Kepala Sekolah dituntut untuk mampu memahami komponen-komponen kompetensi yang dibutuhkan seperti kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi dan kompetensi sosial," ucap Bupati Magelang Zaenal Arifin dalam sambutannya di Rumah Dinas Bupati Magelang, Rabu (15/12/2021).

Baca juga: Salahi Izin Operasional, Pemkot Yogyakarta Tutup Sebuah Toko Miras di Jalan Kusumanegara

Ia melanjutkan, dengan kompetensi yang memadai, diharapkan seorang top manajer di sebuah institusi pendidikan dapat memaksimalkan segenap potensi dan sumber daya yang ada, sehingga tujuan pendidikan nasional yaitu menciptakan peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, cakap dan berilmu, bisa tercapai.

Terlebih lagi di masa pandemi saat ini, di mana proses kegiatan belajar-mengajar masih harus mematuhi Protokol Kesehatan.

Maka para pimpinan lembaga pendidikan harus mampu membangun atmosfir pendidikan yang berkualitas, namun tetap komunikatif, variatif, tidak menjemukan, serta memastikan bahwa peserta didik tetap mendapatkan pembelajaran sesuai dengan target pada setiap jenjang pendidikan yang diikutinya.

"Untuk itu, Kepala Sekolah dan pimpinan lembaga pendidikan harus mampu menularkan semangat perubahan kepada guru, siswa dan orangtua secara cepat dan tepat dengan cara merancang satu kurikulum pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi informasi, selaras dengan kebutuhan zaman serta mendorong tumbuhnya ide, inovasi serta kreatifitas dari para peserta didik," terangnya.

Kepada pejabat atau kepala sekolah yang baru saja dilantik, ia berpesan untuk segera mengenal lingkungan kerja dan segera beradaptasi dengan tugas dan fungsi yang baru. 

Baca juga: Anak Usia 6-11 Tahun di Sleman Mulai Jalani Vaksinasi Covid-19 Pada 18 Desember 2021

Menurutnya, kunci keberhasilan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah suksesnya pendidikan, dan keberhasilan pendidikan, yang ditentukan oleh multi faktor saling terkait. 

Seperti kinerja Kepala Sekolah, partisipasi orang tua, masyarakat, Pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya. Dan diantara faktor-faktor tersebut, Kepala Sekolah, memegang peran yang sangat menentukan. 

"Saudara sekalian bisa terjemahkan apa yang saya sampaikan ini dalam konteks pelaksanaan tugas saudara nantinya," tambahnya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved