Breaking News:

Berita Klaten Hari Ini

Vaksinasi Covid-19 bagi Anak Usia 6-11 Tahun di Klaten Direncanakan Desember 2021

Program vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah akan segera dimulai pada Desember 2021 ini.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Plh Sekda Klaten, Ronny Roekmito 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Program vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah akan segera dimulai pada Desember 2021 ini.

Jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten saat ini, sedang melakukan pendataan berapa banyak anak-anak usia 6-11 tahun di daerah itu yang akan mendapat suntikan vaksin Covid-19.

"Sekarang sedang dilakukan pendataan target vaksin bagi anak-anak usia 6-11 tahun oleh Dinkes Klaten," ujar Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Ronny Roekmito saat TribunJogja.com temui di Gedung Wongso Menggolo, Selasa  (14/12/2021).

Baca juga: Genjot Capaian Vaksinasi Covid-19, Polisi di Klaten Lakukan Vaksin dari Pintu ke Pintu

Menurut Ronny, jenis vaksin Covid-19 yang akan yang akan dipakai untuk anak-anak usia 6-11 tahun tersebut berbeda dengan vaksin untuk orang dewasa pada umumnya.

Anak-anak usia 6-11 tahun di Klaten nantinya bakal menerima suntikan vaksin keluaran biofarma yang sesui dengan instruksi Kementerian Kesehatan.

"Jenis vaksinnya yang keluaran biofarma, jadi sudah keluar keputusan dari Kementerian Kesehatan jika vaksin yang digunakan adalah vaksin biofarma," ucapnya.

Untuk pelaksanaan, kata Ronny nantinya akan menyesuaikan perkembangan di lapangan apakah dilakukan di sekolah atau di tengah-tengah masyarakat.

"Kemungkinan seperti biasanya, dan saya sudah minta Dinkes gambarkan skenarionya bagaimana. Ini kan butuh percepatan, tapi tentu harus lewat skrinning dan tak mungkin tanpa skrinning," jelasnya.

Baca juga: Mengapa Vaksin Sinovac Pada tahun 2022 Hanya Untuk Anak, Ini Penjelasannya

Diakui Ronny, untuk target vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun di Klaten bakal dilakukan pada Desember 2021 ini.

"Seharusnya desember ini, makanya saya lihat kesiapan dinas kesehatan dan logistik vaksin nantinya seperti apa," paparnya.

Lebih jauh, Ronny mengatakan, untuk vaksin capaian vaksin Covid-19 di Klaten saat ini sudah menembus 79,55 persen untuk dosis pertama dan 71,05 persen untuk dosis kedua.

"Kalau capaian vaksin kita sudah aman karena capaiannya sudah tinggi," imbuhnya.

Sementara itu Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Klaten, Anggit Budiarto mengatakan hingga saat ini pihaknya masih melakukan pendataan bagi anak usia 6-11 tahun yang akan menerima vaksin di daerah itu.

"Sekarang masih dilakukan pendataan dan pelaksanaan akan dilakukan secepatnya," katanya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved