Breaking News:

Berita Kabupaten Magelang Hari Ini

Pemkab Magelang Dorong Geliat UMKM Lewat Wadah Sosialisasi

Pemkab Magelang memandang UMKM disamping memiliki peran dan kedudukan yang strategis sebagai kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja.

Dokumentasi Pemkab Magelang
Acara sosialisasi bernama Nyusu (Ngobrol Nyantai Seputar Usaha) di Angkringan Sawah Setunggak Desa Salam Kanci, Kecamatan Bandongan, pada Sabtu (11/12/2021). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Upaya mendukung geliat pelaku usaha, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menggelar acara sosialisasi bernama Nyusu (Ngobrol Nyantai Seputar Usaha) di Angkringan Sawah Setunggak Desa Salam Kanci, Kecamatan Bandongan,  pada Sabtu (11/12/2021).

Ketua Dekranasda Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin menuturkan, acara yang digagas dari kita, oleh kita, untuk kita dengan harapan bisa menjadi semangat baru untuk memajukan UMKM di Kabupaten Magelang

"Harapan saya dari teman-teman harus memiliki mindset ini, memiliki semangat ini bahwa kita harus percaya dengan diri kita sendiri kalau kita mampu," ujarnya.

Ia mengatakan, UMKM menjadi sektor yang sangat strategis untuk menyangkut hajat hidup orang banyak.

Baca juga: Pemkab Magelang Fasilitasi Potensi UMKM Kabupaten Magelang Melalui Expo Dekranasda 2021

Sehingga harapannya, bisa kuat dan bisa menciptakan pembangunan ekonomi yang menyejahterakan masyarakat.

Terlebih saat ini Kabupaten Magelang memiliki Borobudur yang ditetapkan sebagai satu di antara destinasi wisata super prioritas.

"Mari kita manfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya dengan mengembangkan bisnis UMKM kita dan berkolaborasi antara UMKM dan pariwisata ini," katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Sukamtono mengatakan, UMKM mempunyai peran yang strategis dalam menggerakkan pembangunan ekonomi nasional dan daerah. 

Selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi, menjaga kestabilan perekonomian, dan penyerapan tenaga kerja, UMKM yang merupakan cikal bakal dari tumbuhnya usaha besar, juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan, mengembangkan dunia usaha, dan penambahan APBN dan APBD melalui perpajakan. 

Sehingga sektor ini memperoleh perhatian khusus, pengembangan UMKM harus dilaksanakan secara terintegrasi dengan pembangunan ekonomi nasional dan berkesinambungan.

Baca juga: Pemkab Magelang Dorong Petani Tanam Kentang Sebagai Produk Unggulan

"Pemerintah Kabupaten Magelang sangat memberikan perhatian terhadap pertumbuhan UMKM yang saat ini berkembang. Lebih dari 109 ribu UMKM di Kabupaten Magelang,  selama ini telah memberikan kontribusi  yang besar dalam menggerakkan roda perekonomian," terangnya.

Bentuk perhatian yang telah diberikan di antarannya melalui Peraturan Daerah Kabupaten Magelang Nomor 9 Tahun 2017 tentang Pemberdayaan Usaha Mikro, yang mana regulasi tersebut diharapkan bisa memberikan perlindungan dan manfaat untuk masyarakat pelaku bisnis pada umumnya dan pelaku UMKM pada khususnya.

Kebijakan ini dilakukan karena Pemerintah Kabupaten Magelang memandang UMKM disamping memiliki peran dan kedudukan yang strategis sebagai kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja.

"Serta,memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, juga mampu berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan," urainya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved