Breaking News:

Kadar Gula Darah Terkontrol dengan Mengkonsumsi Brokoli

brokoli adalah sumber glukosinolat terkonsentrasi seperti glukoraphanin. yang efektif mengontrol kadar gula darah

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Iwan Al Khasni
Mizena
Brokoli 

Tribunjogja.com - Penelitian atas hewan dan manusia menunjukkan, ekstrak brokoli kaya sulforaphane memiliki efek antidiabetes yang kuat.

Mereka membantu meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengurangi gula darah dan penanda stres oksidatif.

Sementara brokoli adalah sumber glukosinolat terkonsentrasi seperti glukoraphanin.

Mereka terbukti membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2 ketika diekstrak.

Cara terbaik untuk meningkatkan ketersediaan sulforaphane adalah dengan menikmati brokoli dan kecambah brokoli mentah atau dikukus ringan, atau menambahkan sumber aktif myrosinase seperti bubuk biji mustard ke brokoli yang dimasak.

Brokoli ternyata jadi salah satu sayuran yang efektif mengontrol kadar gula darah (glukosa).

Hal ini tentu sangat baik bagi penyandang diabetes yang diketahui selalu kesulitan dalam mengontrol kadar gula darahnya.

Dimana jika kadar gula darah tinggi melebihi batas normal, mereka berisiko terkena komplikasi diabetes yang bisa berakibat fatal hingga berujung kematian karena menyerang organ-organ penting tubuh.

Dikutip dari Mayo Clinic (30/10/2020), adapun tiga komplikasi diabetes yang paling banyak terjadi dan sering membuat pasien meninggal dunia di antaranya penyakit jantung, stroke, penyakit liver, dan penyakit ginjal.

Terkait brokoli yang baik bagi penyandang diabetes, ini dikarenakan sayuran tersebut mengandung sulforaphane, yakni jenis isothiocyanate yang memiliki sifat penurun gula darah.

Dilansir dari Healthline (19/2/2019), sulforaphane dihasilkan ketika brokoli dicincang atau dikunyah karena reaksi antara senyawa glukosinolat yang disebut glukoraphanin dan enzim myrosinase.

Keduanya terkonsentrasi di brokoli.(*)

 

Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved