Breaking News:

Restorasi Volkswagen Beetle Ragtop 'Oval' 1955: Dulunya Dijadikan Kandang Ayam, Kini Tampil Ciamik

Benar-benar dalam kondisi rongsok saat itu, tanpa ban. Ya hanya body dan rangka, jok pun dalam kondisi bahan

TRIBUNJOGJA.COM/ HANIF SURYO
Volkswagen Beetle Ragtop 'Oval' 1955 milik Johan A. Nirmana. 

TRIBUNJOGJA.COM - Volkswagen Beetle 'Oval' lansiran 1995 ini ditemukan Johan A. Nirmana dari pemilik sebelumnya di daerah Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada 2016 silam.

Kondisinya saat ditemukan jauh dari kata sempurna, bahkan Johan tak segan menggambarkan kondisi mobil keluaran Jerman Barat ini layaknya rongsokan, saat pertama kali ia temukan.

"Volkswagen Beetle 'Oval' ini saya dapatkan di Muntilan, tepatnya di dekat Kali Putih. Saya mendapatkan kabar dari teman, dia katakan kalau ada 'Oval' dongkrok, bayangin deh mobil ini sebelumnya cuma jadi kandang ayam," ujar Johan kepada Tribun Jogja Gaspol 52 beberapa waktu lalu.

"Benar-benar dalam kondisi rongsok saat itu, tanpa ban. Ya hanya body dan rangka, jok pun dalam kondisi bahan," lanjutnya.

"Lalu saya cek, ternyata otentik. Sebab vin plates-nya utuh. Itu yang saya pegang. Kalau vin plate nya utuh, artinya kan bukan bohongan. Kalau bohongan bisa saja hanya bentuk body dan sebagainya. Setelah vin platenya saya cek, ternyata benar asli, ini VW Oval," tambahnya.

Tak mudah bagi Johan untuk meyakinkan pemilik Volkswagen Beetle 'Oval' ini sebelumnya, untuk melepas mobil lansiran 1955 silam ini.

Bahkan, Johan bercerita, tawaran dari temannya untuk mendapatkan mobil ini seharga Rp 50 Juta sebelumnya telah ditolak oleh sang pemilik mobil.

"Kali kedua datang, langsung bawa duit. Kebetulan waktu itu saya cuma bawa Rp 30 Juta, ya cuma Rp 30 Juta. Sebelumnya sudah ada yang tawar Rp 50 Juta, tapi nggak dikasih. Kebetulan yang nawar sebelumnya teman saya sendiri," kata Johan.

"Setelah uang saya serahkan, saya tinggal untuk makan nasi goreng. Setelah kembali, saya tanya ke pemiliknya, pilih uang atau mobil? kemudian uang yang akhirnya dipilih," lanjutnya.

Sekadar informasi, Volkswagen Beetle 'Oval' atau yang sering disebut VW kodok oval sudah sangat langka ditemui.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved