Breaking News:

Pandemi Covid 19

Pfizer : Vaksin Booster Mampu Hentikan Varian Omicron

Dalam berbagai ulasan disebutkan bahwa varian omicron mampu menghindari respon imun tubuh lebih baik dibandingkan dengan varian sebelumnya.

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
Alexandra Koch via Pixabay
Ilustrasi vaksinasi covid-19 

TRIBUNJOGJA.COM - Vaksin booster akan memainkan peran kunci dalam memperkuat kekebalan tubuh terhadap varian Omicron. Hal itu diungkapkan produsen vaksin Pfizer-BioNTech dalam siaran persnya, Rabu (8/12/2021). Itu artinya, dua dosis vaksin covid tidak cukup untuk melindungi diri dari infeksi omicron, tetapi dosis ketiga dapat meningkatkan tingkat antibodi penangkal virus yang cukup untuk menghentikan virus.

Adapun dalam berbagai ulasan disebutkan bahwa varian omicron mampu menghindari respon imun tubuh lebih baik dibandingkan dengan varian sebelumnya.

Namun dengan vaksin booster, varian omicron ini bisa ditangani.

Hal itu diperoleh dari hasil hasil penelitian, terhadap pengumpulan sampel darah dari orang-orang yang divaksinasi dengan dua dosis vaksin Pfizer serta mereka yang menerima suntikan booster. Mereka menganalisis bagaimana antibodi dan sel kekebalan kunci lainnya melawan Omicron di laboratorium.

Dalam sampel darah mereka yang hanya menerima seri primer, tingkat antibodi penetralisir turun 25 kali lipat dibandingkan varian baru.

Tetapi pada orang yang menerima tiga dosis vaksin Pfizer, antibodi yang dihasilkan serupa dengan yang berasal dari dua dosis terhadap jenis virus yang lebih tua.

"Kabar buruknya adalah tampaknya ada perlindungan yang berkurang dengan dua dosis dibandingkan dengan varian sebelumnya," Leana Wen, MD, seorang profesor kesehatan masyarakat di Universitas George Washington, sebagaimana dilansir Verywell.

“Kabar baiknya adalah bahwa dosis ketiga—penambahan booster—bisa memberikan tingkat perlindungan tambahan yang pada dasarnya mengembalikan efek perlindungan vaksin,” tambahnya.

Hal ini menurut dia sejalan dengan prediksi selama ini dan juga rekomendasi kepada semua orang untuk mendapatkan vaksin booster.

Data awal Pfizer tampaknya mendukung temuan dari tes laboratorium awal lainnya yang dilakukan oleh para ilmuwan di Afrika Selatan, yang menunjukkan penurunan 41 kali lipat tingkat antibodi terhadap Omicron untuk orang yang menggunakan dua dosis vaksin Pfizer.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved