Berita Kota Magelang Hari Ini

Pemkot Magelang Siap Adopsi Sistem Merit untuk Menilai Kinerja ASN di Lingkungannya

Sistem merit adalah kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar.

Dokumentasi Pemkot Magelang
Penandatanganan nota kesepakatan antara Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Ir. H. Juanda, Kota Bandung, Rabu (08/12/2021). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang serius menerapkan sistem merit dalam pengembangan sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungannya. 

Keseriusan itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan antara Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Ir. H. Juanda, Kota Bandung, Rabu (08/12/2021). 

Sebagai informasi, sistem merit adalah kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar tanpa diskriminasi. 

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz menuturkan, pihaknya merasa perlu belajar banyak dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat yang memiliki catatan prestasi dalam sistem merit manajemen ASN. 

Baca juga: Peringati Hari Korpri, Pemkot Magelang Salurkan Beasiswa Kepada 11 Putra/Putri ASN

Apalagi, Jawa Barat dinobatkan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KSAN) sebagai daerah terbaik se-Indonesia pada Anugerah Meritokrasi tahun 2021.

"Dari kerjasama ini kita lebih banyak belajar. Kota Magelang itu kecil, maka perlu belajar dengan kota besar, pemerintahan yang lebih maju, sehingga kita bisa mengelola pemerintahan dengan baik, " ungkap Aziz, melalui keterangan tertulisnya yang diterima Tribunjogja.com, pada Kamis (09/12/2021).

Secara kongkrit, bentuk kerjasama tersebut antara lain program magang untuk ASN Pemkot Magelang di Pemprov Jawa Barat, penyediaan fasilitas pengembangan kapasitas ASN dan penggunaan aplikasi pemetaan sistem informasi manajemen talenta ASN yang sudah diterapkan di Pemprov Jawa Barat. 

"Kami siap mengirimkan staf OPD kami, juga Camat maupun Lurah ke Pemprov Jawa Barat untuk menggali ilmu langsung," ucapnya.

Baca juga: Dorong Peran Masyarakat, Pemkot Magelang Rekrut Tenaga Pendamping Program Rodanya Mas Bagia

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerangkan, penerapan sistem merit bertujuan untuk memastikan jabatan di birokrasi pemerintah diduduki oleh orang-orang yang profesional dan berkompeten. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved