Breaking News:

Berita Klaten Hari Ini

Masuki Musim Penghujan, Pendapatan Perahu Wisata di Rawa Jombor Klaten Turun hingga 70 Persen

Karena cuaca tak bisa diprediksi maka para pelaku usaha perahu wisata Rawa Jombor hanya bisa buka saat cuaca cerah saja.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Penampakan perahu wisata di Rawa Jombor Klaten beberapa waktu lalu 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Perahu wisata di Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah telah lama menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Apalagi pada hari-hari tertentu seperti akhir pekan dan libur sekolah ratusan pengunjung berbondong-bondong mendatangi objek wisata itu untuk menikmati sensasi berkeliling rawa dengan perahu wisata.

Namun, sejak masuknya musim penghujan pada November hingga Desember ini, pendapatan para pelaku usaha perahu wisata menurun drastis hingga 70 persen.

Ketua Paguyuban Perahu Wisata Rawa Jombor Klaten, Sutomo menjelaskan jika sejak 2 bulan terakhir para pengelola perahu wisata di Rawa Jombor sering meliburkan diri.

Baca juga: Seluruh Warung Apung di Rawa Jombor Klaten Sudah Dibongkar

"Untuk sementara karena cuaca ya, jadi sekarang ini banyak hari liburnya dari pada beroperasinya," ujar Sutomo pada Tribunjogja.com, Kamis (9/12/2021).

Menurut dia, karena cuaca tak bisa diprediksi maka para pelaku usaha perahu wisata Rawa Jombor hanya bisa buka saat cuaca cerah saja.

"Kalau cuaca mendung atau hujan kita nggak berani buka karena takut berisiko pada penumpang," jelasnya.

Kemudian, kata dia saat musim penghujan saat ini pendapatan dari perahu wisata hanya sekitar 30 persen saja dari pendapatan saat sebelum musim penghujan.

Baca juga: Ada Makam di Dasar Rawa Jombor Klaten, Begini Asal-Usulnya

Sebagai gambaran, Sutomo menjelaskan, sebelum musim penghujan para pelaku perahu wisata bisa meraih penghasilan hingga Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta per hari.

"Sekarang pendataan hanya 30 persennya saja, itu pun juga jarang buka karena hujan," katanya.

Sementara itu, seorang operator perahu wisata di Rawa Jombor, Sabri membenarkan berkurangnya pengunjung perahu wisata di Rawa Jombor saat ini.

"Sekarang perahu sering parkir karena nggak ada pengunjung. Mungkin karena rawa juga sedang penataan jadi warga enggan berkunjung," ucap dia. ( Tribunjogja.com

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved